Peristiwa - Daerah

Target Penghargaan Tertinggi Nasional, FKS Situbondo Gelar Rakor

Target Penghargaan Tertinggi Nasional, FKS Situbondo Gelar Rakor Foto Bersama saat Rakor Forum Kabupaten Sehat Bersama FKKS Se-Kabupaten Situbondo di Ruang Pagripta Bappeda Situbondo (Foto Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 21:45

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Situbondo (FKS Situbondo) Bumi Sholawat Nariyah menggelar rapat koordinasi dengan pengurus 17 Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), Kamis (11/7/2019).

Rapat ini untuk persiapan kunjungan Tim Verifikasi Pusat dalam penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional pada Agustus 2019. Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Tim Pembina Kabupaten yang diketuai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Situbondo.

Forum-Kabupaten-Sehat-2.jpg

"Ada enam tatanan yang diverifikasi oleh dua kementerian, yakni Kesehatan RI dan Dalam Negeri. Penilaian meliputi 17 kecamatan dan 136 desa dan kelurahan," kata Ketua FKS Situbondo Lutfil Amin.

Menurutnya, tatanan dan sasaran Kabupaten Sehat, berdasarkan potensi dan permasalahan yang ada di desa atau  Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten.

Adapun pengelompokan masalah dalam enam tatanan tersebut yakni permukiman dan sarana-prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat. "Selain itu, juga tatanan industri dan perkantoran yang sehat, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta ketahanan pangan dan gizi," ujarnya.

Edy Wiyono, Pembina Teknis FKS Situbondo berharap agar FKS dan FKKS untuk bersiap saat awal verfikasi penilaian Kabupaten Sehat. "Untuk tahun 2019, kita target meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara. Itu penghargaan tertinggi kabupaten dan kota sehat," kata Edy.

Edy Wiyono menambahkan pada tahun 2017, Situbondo meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda dengan cakupan empat tatanan dengan cakupan wilayah 12 Kecamatan. Namun pada 2019, FKS Situbondo sudah mencakup enam tatanan dan 17 wilayah kecamatan yang akan mengikuti program ini. (*)

Jurnalis : Fawaid Aziz
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Situbondo

Komentar

Loading...
Registration