Peristiwa - Daerah

TPID Magetan Gelar Rakor untuk Kendalikan Inflasi

TPID Magetan Gelar Rakor untuk Kendalikan Inflasi Suasana rakor TPID di kawasan rumah dinas Bupati Magetan, Kamis (11/7/2019). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 21:38

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Pemkab Magetan melalui Bagian Administrasi dan Perekonomian Setdakab Magetan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2019 bertajuk High Level Meeting (HLM), Kamis (11/7/2019).

Hal ini, dilakukan untuk mengendalikan inflasi daerah khususnya di wilayah Magetan.

Acara tersebut, berlangsung di kawasan rumah dinas Bupati Magetan dan dihadiri oleh perwakilan TPID wilayah Kabupaten Magetan, Bulog Divreg Ponorogo, BI Kediri, Biro Perekonomian Pemprov Jawa Timur, Badan Pusat Statistik (BPS), serta segenap elemen lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan dan sekaligus ketua harian TPID setempat, Bambang Trianto menyampaikan, indeks harga konsumen (IHK) sebesar 133,94 dengan laju inflasi 0,61%. Hal ini, berdasarkan data yang di keluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Mei di Kabupaten Magetan.

"Magetan merupakan Kabupaten yang tidak dihitung IHK, karena IHK Magetan masih mengikuti Kota Madiun," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Menurut Bambang, TPID Kabupaten Magetan memiliki peran dalam mengambil tindakan, guna menjamin ketersediaan barang dan jasa. “TPID harus bisa menjamin di daerah yang bisa di jangkau oleh masyarakat," tuturnya. 

Bambang menambahkan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Magetan dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 188/38/KEPT/403.013/2018. Yakni, terkait perubahan atas keputusan Bupati Nomor 188/45/KEPT.403.013/2017 tentang pengendalian inflasi daerah yang melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Selain melakukan analisis perkembangan harga kebutuhan pokok, TPID Magetan juga mengidentifikasi serta merumuskan berbagai permasalahan yang berdampak pada perkembangan harga sembako," jelasnya. (*)

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Loading...
Registration