Peristiwa - Daerah

Belum Jelas Nasib Pencari Suaka di Jakarta, Prasetyo: Pulangkan Saja Mereka

Belum Jelas Nasib Pencari Suaka di Jakarta, Prasetyo: Pulangkan Saja Mereka Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi Saat Menemui Ratusan Pencari Suaka (FOTO : Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 20:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan agar para pencari suaka yang terlantar di sekitaran kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat dikembailkan ke negara asal mereka. 

Pasalnya, Prasetyo menilai lembaga terkait yakni United Nations High Commisioner For Refugees (UNHCR) belum memberikan jawaban konkrit atas nasib ratusan imigran hingga membuat terlantaenya para pencari suaka tersebut. 

"Saya minta kepada teman-teman UNHCR harus punya penyelesaian masalah yang konkrit. Atau gak kembalikan ke negaranya masing-masing," ucap Prasetio saat menemui para pencari suaka di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Sementara itu, terkait campur tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta maupun DPRD DKI Jakarta hanya beralasan kemanusiaan dan permintaan dari lembaga UNHCR.

Bentuk pertolongan tersebut berupa penyediaan transportasi saat relokasi ratusan pencari suaka serta penyediaan tempat tinggal sementara disertai penyediaan konsumsi yang bersifat sementara. 

"Pemda membantu menyiapkan tempatnya, makanan kita bantu, karena permintaan dari UNHCR itu. Nah kesepakatan itulah makanya kita juga ada tempat istirhat, ada air dan makan," jelas Prasetyo.

Sejak dua pekan terkahir, kawasan trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ramai diduduki oleh ratusan pencari suaka yang berasal dari beberapa negara seperti Somalia, Sudan dan Afghanistan. 

Para pencari suaka ini menggelar alas tikar di sepanjang jalan untuk menuntut kejelasan akan nasib mereka kepada UNHCR. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration