Wisata

Pemkab Sumenep Serius Kembangkan Sektor Pariwisata

Pemkab Sumenep Serius Kembangkan Sektor Pariwisata Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi saat ditemui awak media di Surabaya, Kamis 11/7/2019 (FOTO:Nasrullah/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 20:13

TIMESINDONESIA, SURABAYAPemkab Sumenep, Madura semakin serius kembangkan potensi sektor pariwisata di daerahnya.

Potensi pariwisata yang banyak di Kabupaten Arya Wiraraja ini terus dikembangkan dengan mengkomeksinakn Bumdes sebagai sumber pengembangan potensi dimasing-masing desa di Sumenep

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi saat ditemui awak media di Surabaya. Fauzi mengungkapkan telah membuka satu destinasi wisata alam yang terletak di desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep.

"Pengelolaannya dikelola oleh bumdes, karena memang beberapa destinasi wisata di Sumenep ini rata-rata kita dorong dengan bumdes jadi hanya beberapa destinasi wisata yang dikelola oleh swasta dan pemerintah," ungkap Fauzi pada awak media di Surabaya, Kamis, (11/7/2019)

Uniknya, wisata alam yang dibuka bulan lalu ini merupakan sebuah goa yang konon merupakan tempat angker dan sering digunakan bertapa oleh masyarakat. Tak hanya itu keunikan dari goa tersebut dari namanya, yaitu Soekarno.

"Karena yang jaga tempat itu konon namanya Soekarno tapi bukan Soekarno proklamator. Juga menurut informasi, dulu banyak orang yang bertapa di sana. Ya kayak angker, tapi karena tangan-tangan kreatif pemuda disana keangkeran itu hilang dan menjadi daya tarik yang luar biasa," ungkap Wakil Bupati yang kini diberi mandat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep.

Fauzi juga mengungkapkan, sejak awal dibuka (Red:Satu Bulan lalu) destinasi baru ini sudah banyak dikunjungi wisatawan. "Pada saat dibuka pertama bulan lalu memang cukup ramai, hampir 15.000an pengunjung yang hadir. Sampai saat ini juga masih ramai dikunjungi masyarakat." Terang Fauzi

"Proses penemuannya itu delapan bulanan, dibersihkan dulu sampai benar-benar sudah bersih aman tidak ada binatang berbahaya, baru dibuka," tambahnya.

Di dalam Goa Soekarno tersebut juga dibangun sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Sumenep, tak hanya itu, di restoran tersebut juga menyajikan aneka minuman seperti jus dan lain-lain. "Menunya biasa saja. Paling khas-khas sana saja, khas Sumenep. Ya ada yang modern juga aneka jus juga ada. Indonesian food lah," terang Fauzi

"Sampai sekarang masih dalam proses. Kita kembangkan terus, ke depan itu akan ada banyak permainan tambahan, mereka bikin flyingfox dan lain-lain," tambah Wakil Bupati Fauzi mengakhiri.

Untuk diketahui, Pemkab Sumenep saat ini tengah berkonsentrasi untuk mengembangkan sektor pariwisata. Dengan memperbaiki infrastruktur seperti pembangunan dermaga, perbaikan akses masuk dan lain-lain, diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten ujung Pulau Madura tersebut (*)

Jurnalis : Nasrullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Loading...
Registration