Peristiwa Nasional Info Haji 2019

JCH Indonesia dari 3 Embarkasi Disiapkan dalam Gelombang I Menuju Makkah

Kamis, 11 Juli 2019 - 17:03 | 36.18k
Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari (FOTO:Kemenag)
Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari (FOTO:Kemenag)
FOKUS

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) yang berasal dari 3 embarkasi, yakni Surabaya kloter 1 (SUB 1), Batam kloter 1 (BTH 1) dan Batam kloter 2 (BTH 2) dipersiapkan sebagai gelombang pertama dari Madinah menuju Makkah yang dijadwalkan pada Minggu (14/7/2019) mendatang.

Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari, Kamis (11/7/2019) mengatakan, persiapan pemberangkatan itu sudah mulai dilakukan. "Jemaah dari 3 kloter tersebut akan diberangkatan menuju kota Makkah Al Mukaramah setelah menyelesaikan salat arbain dan melaksanakan ziarah ke situs-situs bersejarah di kota Madinah Al Munawarah," katanya.

"Selanjutnya adalah penyiapan dokumen (paspor-red) yang selama ini disimpan oleh muassasah, H-3 pemberangkatan harus dilakukan pengecekan dokumen," ujar Jauhari seperti dilansir Kementerian Agama saat ditemui di kantor Daker Madinah, Kamis (11/7/2019)

Hal ini dilakukan agar seluruh dokumen jemaah haji embarkasi SUB 1 dan BTH 1 dan 2 sudah lengkap dan dikelompokkan sesuai rombongan. "Kalau ada satu jemaah yang dokumennya belum siap maka jemaah itu tidak bisa diberangkatkan pada hari tersebut," kata Jauhari.

Ia menambahkan, pengecekan dokumen dilakukan di kantor muassasah adillah oleh para ketua kloter, dan didampingi PPIH.

Terkait penyiapan transportasi untuk tiga hari pertama pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Makkah, PPIH Arab Saudi telah berkoordinasi dengan pihak naqobah terutama penyiapan bis yang akan digunakan untuk mengangkut para jemaah itu.

Dikatakan juga, dalam proses pemberangkatan jemaah dari Madinah ke Makkah, pihaknya senantiasa berkoordinasi  dengan daerah kerja Makkah. "Agar teman-teman di Makkah sudah bisa melakukan (persiapan) penyambutan," kata Jauhari.

JCH Indonesia yang tergabung dalam 3 embarkasi itu yakni embarkasi Surabaya kloter 1 (SUB 1), Batam kloter 1 (BTH 1) dan Batam kloter 2 (BTH 2) saat ini tengah disiapkan sebagai gelombang pertama yang diberangkatkan Madinah menuju Makkah dan jadwalnya pada Minggu (14/7/2019) mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES