Minggu, 17 November 2019
Peristiwa - Daerah

Dana Pilkades Gresik Belum Cair, Pemkab Salahkan Pemdes

Dana Pilkades Gresik Belum Cair, Pemkab Salahkan Pemdes Wakil Bupati Gresik Moh Qosim saat mengisi suatu acara. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 17:13

TIMESINDONESIA, GRESIKDana Pilkades serentak yang akan berlangsung 31 Juli 2019 tak kunjung cair, Pemkab menyalahkan Pemdes karena masih ada desa yang belum mengumpukan permohonan berkas kesiapan dan pengajuan dana Pilkades.

Dana Pilkades berasal dari dana APBD tahun 2019 melalui BKK. Dengan rincian, Rp 18,2 miliar untuk pembiayaan Pilkades serentak serta Rp 700 juta biaya pengamann dari Polres, dan Rp 200 juta dari Kodim 0817.

Dalam minggu ini, tahapan Pilkades sudah masuk pada penetapan Cakades dan juga penetapan nomor urut calon.

Pilkades serentak tahun ini berada di 256 desa penyelenggara. Yakni, Kecamatan Gresik ada 3 desa, Kebomas 7 desa, Manyar 17 desa, Cerme 20 desa, Benjeng 21 desa, Balongpanggang 22 desa. Duduksampeyan 18 desa.

Sementara Kecamatan Driyorejo 14 desa, Menganti 16 desa, Kedamean 10 desa, Wringinanom 12 desa, Sidayu 17 desa, Bungah 19 desa, Dukun 23 desa, Ujungpangkah 9 desa, Panceng 13 desa, Sangkapura 13 desa, dan Tambak 11 desa.

Wakil Bupati Gresik, Moh Qosim menyatakan, hingga saat ini Pemkab belum bisa mencairkan dana Pilkades karena memang masih ada desa yang belum melengkapi surat permohonan pengajuan dana Pilkades.

"Sebetulnya pemerintah sudah ready soal anggaran Pilkades, namun masih ada sekitar 70 desa yang pengajuan anggaran belum diajukan ke kami," katanya, Kamis (11/7/2019).

Dikatakan Qosim, ia mendesak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk melakukan teguran kepada desa penyelenggara agar segera melengkapi surat permohonan pengajuan.

Alasannya, hanya 190 desa yang persyaratannya lengkap, Pemkab dikatakan Qosim tidak bisa mengeluarkan dana jika masih ada desa yang belum lengkap pengajuan dana.

"Sudah saya perintahkan ke BPPKAD dan DPMD supaya segera ke Pemerintah desa agar segera melengkapi surat permohonan. Sehingga minggu ini sudah cair. Sebab gelaran Pilkades kurang setengah bulan lagi," ucapnya.

Terpisah anggota BPD Indrodelik, Kecamatan Bungah Antonis Suyitno mengatakan jika panitia Pilkades di desanya sudah mengirimkan surat permohonan pengajuan dana.

Namun, sampai sekarang anggaran dari pemerintah Kabupaten Gresik juga belum cair. Padahal, kinerja panitia Pilkades sudah berjalan.

"Panitia Pilkades sudah dibentuk sejak April lalu, namun sampai sekarang belum keluar. Ya terpaksa hutang untuk kelancaran Pilkades di Gresik," ungkap Suyitno. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration