Ketahanan Informasi

Unisma Jalin Kerjasama dengan Persemki Jatim, ini Tujuannya

Unisma Jalin Kerjasama dengan Persemki Jatim, ini Tujuannya Unisma MoU dengan Persatuan Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Indonesia (Persemki) Jawa Timur. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 14:58

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma Malang menandatangani MoU dengan Persatuan Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Indonesia (Persemki) Jawa Timur.

Dekan Fakultas Kedokteran Unisma dr. Rahma Triliana, M.Kes mengatakan dengan adanya MoU ini dapat dipikirkan apa yang bisa dikerjasamakan. Terlebih kerjasama yang bisa dijalin dengan prodi farmasi untuk jenjang pendidikan, jika siswa SMK Kesehatan ingin melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran sudah ada aturan bakunya.

“Sesuai dengan peraturan bahwa lulusan SMK tidak bisa masuk prodi kedokteran akan tetapi tidak ada masalah jika ingin masuk prodi farmasi,” ujarnya.

Ketua Persemki Jawa Timur, Drs. Fatchul Djinan, CH menjelaskan bahwa Persemki adalah organisasi yang baru berusia 3 tahun namun telah mampu memberikan masukan dalam Permenkes 80 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Asisten Tenaga Kesehatan.

Launching-persemki.jpg

"Hal ini merupakan salah satu upaya kami agara SMK Kesehatan dapat memiliki payung hukum yang jelas,” terangnya.

Selain itu Ketua Persemki Jawa timur pun mengungkapkan bahwa saat ini SMK Kesehatan masih kerkurangan sarana untuk penelitian dan pengembangan, harapannya dengan kerjasama ini bisa terupgrade pengetahuannya dan para guru di SMK Kesehatan tidak tertinggal wawasannya.

“Jika ada penelitian yang menjadi gagasan dari Persemki juga bisa dikerjasamakan, yang penting hasilnya nanti akan sesuai dan bisa di terapkan di sekolah masing masing,” ujarnya.

H. Noor Shodiq Askandar, SE., MM Wakil Rektor 2 Unisma menyebutkan bahwa seluruh anggota dan pengurus Persemki memiliki kewajiban yang sama untuk menghasilkan lulusan yang bukan hanya pintar tapi juga benar.

“Hal ini dapat dilihat nanti, jika makin banyak lulusan SMK Kesehatan yang handal berarti lulusan mereka pinter. Tapi kalau pintar dan benar selain handal dia juga berkewajiban untuk membuat masyarakat disekitarnya sadar akan pentingnya kesehatan dan bagaimana cara menjaganya,” ungkapnya.

Kerjasama ini dikemas dalam acara launching Kerjasama Persemki Jatim dengan Unisma Malang. Pada akhir sesi akan dilakukan Penyerahan Sertifikat Kompetensi BNSP LSP Asnakes Indonesia. (*)

Jurnalis : Humas Unisma
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration