Peristiwa - Daerah

Monyet Liar Resahkan Warga Babadan Akhirnya Tertangkap

Monyet Liar Resahkan Warga Babadan Akhirnya Tertangkap Monyet liar Saat di Evakuasi ke Taman Ria Umbul Madiun (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 14:49

TIMESINDONESIA, PONOROGOMonyet liar yang beberapa hari ini meresahkan warga Jalan Sido Mulyo, Kecamatan Babadan, Ponorogo, Jawa Timur, akhirnya tertangkap, Kamis (11/7/2019).

Monyet tersebut ditangkap oleh warga sendiri yang sebelumnya sudah menyiapkan alat untuk menjebak monyet tersebut.

"Kami dan warga telah mempersiapkan jebakan agar monyet tersebut bisa ditangkap," ujar Hadi Pitono, salah satu warga Babadan, Ponorogo, Jawa Timur. 

Menurutnya, memang beberapa hari ini monyet tersebut membuat resah warga. "Warga merasa resah karena merusak tanaman ketela dan membuat panik masyarakat karena rasa takut tiba-tiba itu monyet datang," tambahnya.

Hadi Pitono berupaya untuk menangkap monyet tersebut dengan membuat jabakan dari krambah kayu dan di dalamnya sudah tersedia buah-buahan di pelataran halaman rumah di jalan Sido Mulyo Babadan. "Monyet memang setiap hari pasti ke rumah saya, tapi ya susah nangkepnya," katanya.

Dan hari ini, kurang lebih pukul 11.00 WIB, monyet liar itu sudah masuk ke jebakan krambah kayu milik Hadi Pitoyo.

Disisi lain Nyomo Kepala Resot Konserfasi Sumber Daya Alam Wilayah 06 Ponorogo-Pacitan mengatakan, monyet yang ditangkap sudah kelihatan jinaknya bisa jadi ini monyet peliharaan yang hilang dan kalau monyet liar dari hutan.

Tentunya monyet liar akan lari saat melihat manusia. "Saya melihat dari ekornya yang panjang itu golongan Monyet hutan dan badannyapun bersih kemungkian ini punya warga yang lepas," ujarnya. Setelah penangkapan pihaknya akan mengevakuasi monyet tersebut sementara di Taman Ria Umbul Madiun.(*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration