Peristiwa - Daerah

PKB Kota Probolinggo Tawarkan Tiga Nama Jadi Ketua Dewan

PKB Kota Probolinggo Tawarkan Tiga Nama Jadi Ketua Dewan Sekretaris DPC PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib (tengah) saat mengikuti UKK di kantor DPP PKB. (foto: Istimewa/TIMES Indonesia)
Kamis, 11 Juli 2019 - 14:31

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – DPC PKB Kota Probolinggo menawarkan tiga nama untuk menjadi Ketua DPRD Kota Probolinggo periode 2019-2024 kepada DPP PKB. Mereka adalah Abdul Mujib, Machrus Ali, dan Muhammad Muizuddin.

Ketiganya telah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di kantor DPP PKB di Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019) pukul 20.00-22.00 WIB.

Sekretaris DPC PKB Kota Probolinggo, Abdul Mujib mengatakan, tiga nama tersebut diajukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Salah satunya, memperoleh suara di atas 2000 dalam Pemilu atau Pileg 2019.

“Penentuannya (siapa yang akan jadi ketua DPRD, Red) ada di tangan DPP. Kami yang di bawah mengikuti prosesnya saja,” kata pria yang juga ikut UKK ini.

Sesuai ketentuan partai, jelas Mujib, kursi pimpinan DPRD dari PKB ditentukan oleh DPP. Ketua fraksi ditentukan oleh DPW, dan alat kelengkapan dewan ditentukan oleh DPC.

Dalam Pemilu 2019, PKB Kota Probolinggo di bawah kepemimpinan Habib Hadi Zainal Abidin, meraih suara terbanyak dibandingkan parpol kontestan pemilu lain. PKB memperoleh enam kursi dari kuota 30 kursi di DPRD Kota Probolinggo.

Sebagai peraih suara terbanyak, PKB Kota Probolinggo berhak atas jatah kursi Ketua DPRD Kota Probolinggo. Adapun dua kursi pimpinan dewan lainnya, akan diisi kader PDI Perjuangan dan Partai Golkar. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration