Peristiwa Daerah

Jokowi Ingatkan Pulau Komodo dan Rinca adalah Kawasan Konservasi

Kamis, 11 Juli 2019 - 14:17 | 38.65k
Presiden Joko Widodo. (foto: Doc. TIMES Indonesia)
Presiden Joko Widodo. (foto: Doc. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LABUAN BAJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Pulau Komodo dan Pulau Rinca termasuk dalam kawasan konservasi. Untuk itu, Jokowi meminta agar daya dukung lingkungan kedua pulau tersebut betul-betul diperhatikan.

“Jangan sampai kita loss, bukan hanya urusan turisme tapi tidak juga melihat bahwa ini adalah kawasan konservasi,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan saat mengunjungi Pulau Rinca, di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggra Timur (NTT), Kamis (11/7/2019), dikutip dari laman Setkab RI.

Saat ini di Pulau Komodo terdapat kurang lebih 1.700 komodo dan di Pulau Rinca sekitar 1.040 komodo. Jokowi meminta agar pembenahan kawasan dan pembangunan fasilitas Pulau Komodo terintegrasi dengan Pulau Rinca, yang masih termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

“Kita ingin nanti misalnya Pulau Komodo betul-betul lebih ditujukan untuk konservasi sehingga turis di situ betul-betul kita batasi, ada kuota, bayarnya mahal. Kalau enggak mampu bayar enggak usah ke sana. Misalnya seperti itu, tapi mau lihat Komodo juga masih bisa di Pula Rinca,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa Taman Nasional Komodo tidak perlu ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Menurutnya yang penting pembenahan kawasan ini dikerjakan dengan baik.

Presiden Jokowi mengisyaratkan Pulau Komodo akan dibuat lebih eksklusif, namun tidak dengan Pulau Rinca. Kendati demikian, tetap ada kuotanya. Pulau Rinca tetap mempunyai hitungan daya dukung lingkungannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES