Tekno

Aplikasi Go-Ploong Pemkab Gresik Wakili Indonesia ke Kompetisi IT Asia

Kamis, 11 Juli 2019 - 11:37 | 136.42k
Warga saat menggunakan aplikasi Go Ploong. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Warga saat menggunakan aplikasi Go Ploong. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKAplikasi Go-Ploong yang diinisiasi Pemkab Gresik di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang berhasil mewakili Indonesia ke kompetisi IT tingkat Asean.

Aplikasi daring layanan sedot tinja itu lolos seleksi di Forum Indonesia Enterpreneurship Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Identik) yang diselenggarakan Kominfo RI bersama Badan Ekonomi Kreatif (BEKraft).

Aplikasi berbasis android Go Ploong dari Dinas PUTR Gresik menjadi kategori terbaik aplikasi yang akan mewakili Indonesia ke ajang Asean Information Communication Technology Award di Laos, Bulan Oktober mendatang.

aplikasi-Go-Ploong-B.jpg

"Aplikasi Go Ploong mewakili aplikasi yang dikembangkan oleh sektor publik atau pemerintah," kata Budi Raharjo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kepada TIMES Indonesia, Kamis (11/7/2019).

Budi mengatakan, aplikasi yang diluncurkan akhir 2017 itu dinilai sangat bermanfaat untuk masyarakat. Kriteria penilaian selanjutnya adalah aplikasi ini original.

Melalui aplikasi ini, dikatakan Budi masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan layanan sedot tinja. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan data base yang langsung terkoneksi dengan NIK warga Gresik.

"Selain itu, aplikasi ini adalah proses bisnis yang dilakukan dikolaborasikan dengan pihak lain, yaitu mengajak masyarakat peduli lingkungan sehat, mengajak pihak pengelola limbah cair domestik yang ada di Belahanrejo Kedamean menjadi bagian dari sistem pengolahan limbah cair," imbuhnya.

Prestasi ini, kata Budi, juga wujud implementasi dari bagian dimensi Kabupaten Gresik Smart City yakni Smart Evinronment (Lingkungan yang ditunjang teknologi) dan Smart Living  (Konsep efisien dalam pembangunan).

"Aplikasi Go Ploong satu satunya dari Gresik yang diikutkan saat ini dan satu satunya ari Jawa Timur, yang akhirnya akan mewakili Indonesia ke level ASEAN," tambah Kadiskominfo Pemkab Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES