Peristiwa Daerah

Sumenep Masuk Daerah Populasi Sapi Terbesar Se Jatim

Kamis, 11 Juli 2019 - 12:08 | 102.47k
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Sumenep, Bambang Heriyanto. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Sumenep, Bambang Heriyanto. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMENEPKabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), menjadi daerah populasi ternak sapi terbesar se Jatim.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Sumenep, Bambang Heriyanto menjelaskan di Kabupaten Sumenep terdapat sebanyak  367.362 ekor sapi yang tersebar di rumah-rumah penduduk.

"Ibu Gubernur Jawa Timur, Bu Khofifah memberi penghargaan kepada pemerintah Sumenep sebagai populasi ternak sapi terbesar di Jawa Timur," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Kamis (11/7/2019).

Penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah Sumenep karena wilayah Madura secara umum mempunyai spesifikasi tersendiri. Sapi madura menjadi primadona karena kandungan lemak dalam daging sedikit, serat daging lebih halus, serta kemampuan bertahannya di daerah panas dan kering. Hal ini menjadikan daging sapi madura di atas harga daging sapi jawa dan bali.

Untuk mempertahankan populasi sapi di Sumenep, Bambang sudah meluncurkan program Inseminasi Buatan (IB) di empat kecamatan di Sumenep. Di antaranya Kecamatan Guluk-guluk, Ganding, Lenteng, dan Kecamatan Dungkek. Ke depan harapan Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan ini empat kecematan tersebut menjadi pusat pembibitan ternak sapi Madura di Sumenep.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES