Ketahanan Informasi

Begini Persiapan Kurban di LTW Global Wakaf-ACT

Begini Persiapan Kurban di LTW Global Wakaf-ACT Menjelang Iduladha, peternak-peternak Lumbung Ternak Wakaf (LTW) terus memaksimalkan fase penggemukan kambing-kambing yang akan dikurbankan. LTW siap menyalurkan lebih dari 5.000 kambing berkualitas untuk kebutuhan pekurban Global Qurban tahun ini. (FOTO:
Kamis, 11 Juli 2019 - 10:53

TIMESINDONESIA, BLORA – Trimo salah satu peternak yang turut memanfaatkan tempat pengolahan pakan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW, Global Wakaf-ACT di Desa Cabean, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Trimo mengaku pakan dari LTW mengandung banyak protein. Pakan itu berwarna cokelat, berbau agak masam. Pakan tersebut mirip seperti gabah padi, bukan rumput hijau.

"Jangan salah, justru ini yang banyak proteinnya untuk ternak. Pakan ini fermentasi, campuran dari rumput dan kedelai. Bahkan, ini ada kangkungnya di sini," jelas Trimo, Rabu (10/7).

Global-WaqaF.jpg

Pakan ternak tersebut diantarkan langsung ke kandang penggemukan yang dikelola oleh Trimo bekerja sama dengan Global Wakaf di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Blora, Jawa Timur.

Jelang Idul Adha, Trimo terus merawat domba dengan baik. Ia memperhatkan detil kesehatan dan kebersihan domba.

Sementara itu Harun Susanto dari tim pengelola Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Blora, membenarkan memang pakan tersebut disediakan oleh Global Wakaf selaku pengelola. Tim telah menyediakan tim untuk mengolah pakan di sana.

“Kalau untuk pengelola rumahan seperti Pak Trimo, itu memang kita sediakan pakannya, setiap hari selalu siap. Jadi Pak Trimo ini tinggal merawat kambing saja,” kata Harun.

Hewan-Qurban-2.jpg

Ia menuturkan standar berat ternak yang ditetapkan untuk penggemukan ternak hingga Idul Adha nanti berkisar antara 25 kilogram hingga 30 kilogram per ekornya. Kini berat-berat ternak di kandang Trimo baru berkisar antara 21 hingga 25 kilogram dan akan terus ditingkatkan hingga Idul Adha nanti.

Harun menambahkan dari proses perawatan yang terbaik tersebut, Global Wakaf juga telah merencanakan akan menyuplai kebutuhan Global Qurban dengan kurban terbaik juga. Lebih dari 5.000 kambing yang akan dikurbankan pada Iduladha 2019 ini. Jumlah tersebut menurut Harun lebih banyak ketimbang tahun kemarin.

“Di LTW sendiri saat ini ada 11.926 kambing yang dikembangbiakkan. Kita akan targetkan untuk menyiapkan 5.104 kambing siap kurban dari Blora. Kalau tahun lalu itu sekitar 4.000 ekor kambing, dan setiap tahun insyaallah, kuota kurban dari sini akan terus bertambah,” ujar Harun, tim pengelola Lumbung Ternak Wakaf (LTW) Blora dari Global Wakaf-ACT. (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration