Glutera News

Pentingnya Sponsoring Up, Mensponsori Orang yang Kedudukannya Lebih Tinggi

Pentingnya Sponsoring Up, Mensponsori Orang yang Kedudukannya Lebih Tinggi Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Rabu, 10 Juli 2019 - 16:21

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memang sangat mudah mensponsori mereka yang kedudukannya di bawah Anda, karena Anda berada dalam posisi yang menguntungkan. Tetapi Anda belum dikatakan berhasil, kalau belum mampu mensponsori kawan-kawan atau orang yang kedudukannya setara dengan Anda.

Ada sebuah prinsip yang sangat dianjurkan oleh semua network marketing yang berhasil. Prinsip ini dinamakan “mensponsori kawan dan atasan”. Maksud mereka adalah orang-orang yang Anda rekrut ke dalam networking Anda harus juga termasuk kawan, teman kerja dan tetangga anda. Pendeknya, orang-orang yang mempunyai kehidupan sosial, ekonomi dan pengalaman setara atau di atas Anda.

Pernah ada yang mensponsori seorang pengacara yang bingung kenapa networkingnya tidak pernah berjalan. Padahal ia telah menjalankan bisnis ini selama satu setengah tahun lamanya. Dan selama itu, ia telah mensponsori puluhan orang. Tetapi setelah menyadari kesalahannya, ia mengakui bahwa ia belum mengikuti prinsip yang sangat penting ini.

Apa yang selama ini ia kerjakan semata-mata hanya memanfaatkan kharismanya sebagai seorang pengacara. Karena itulah dengan mudahnya ia dapat merekrut distributor yang memang pada dasarnya sudah kagum dan hormat padanya. Mereka terdiri atas pengagumnya, serta orang-orang yang ia banyak tolong karena ekonominya lemah.

Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan dengan tepat. Mengapa prinsip sponsoring-up ini begitu penting, walaupun berbagai teori dan pendapat telah pernah diajukan. Sama seperti Anda saat sekolah, dengan siapa Anda berteman sangat berpengaruh dengan kehidupan anda kedepannya.

Ada yang mengatakan bahwa kalau kita mensponsori orang-orang yang memang tunduk dan mudah dipengaruhi oleh Anda, berarti Anda seolah-olah menunjukkan bahwa bisnis ini kurang cocok untuk teman-teman anda sendiri. Berarti, bisnis ini hanya cocok untuk kategori orang-orang yang disebut sebelumnya.

Sebaliknya, kalau kita presentasikan bisnis ini pada teman, walaupun kemungkinan berhasilnya lebih kecil, setidak-tidaknya kita telah menyatakan tanpa malu-malu pada mereka, bahwa bisnis ini pasti jalan.

Jadi, kita tidak usah pusing-pusing memikirkan mengapa prinsip ini memang jalan. Jadi kalau anda mau juga memperoleh angka keberhasilan seperti itu, jalankan saja prinsip, “sponsori teman dan atasan Anda sebanyak mungkin”.

Saat Anda berhenti tidak mensponsori, sebenarnya Anda mulai menghentikan bisnis Anda sendiri. Saat Anda terus melakukan sponsoring up, bisnis Anda akan terus berjalan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration