Ketahanan Informasi

HUT Bhayangkara ke-73, Dua Perwira Polres Bontang Masuki Masa Purnawira

HUT Bhayangkara ke-73, Dua Perwira Polres Bontang Masuki Masa Purnawira Kapolres Bontang, AKBP Siswanto Mukti saat mengalungkan bunga kepada Kompol Sukandar. (Foto: Kusnadi/ TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 23:38

TIMESINDONESIA, BONTANG – Puncak HUT Bhayangkara ke-73 digelar Polres Bontang di depan kantor Polsek Bontang Utara Jalan Mulawarman Kelurahan Gunung Elai Rabu 10/7/2019 pagi.

Kegiatan berupa upacara ini dihadiri Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase serta Forkopimda. 

Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti sebagai pemimpin upacara usai memeriksa pasukan, langsung membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia, Ir H. Joko Widodo. 

Kapolres-Bontang-b.jpg

Dalam amanat yang dibacakan, presiden mengapresiasi kerja keras dan pengabdian Polri yang telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat indonesia. Menurutnya situasi Keamanan dalam negeri sepanjang 2018- 2019 terpelihara dengan baik.

"Polri dan TNI juga telah mengamankan agenda internasional maupun nasional di Indonesia. Berbagai perayaan hari keagamaan seperti hari Natal, Tahun Baru, bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri dan pengamanan pada pesta demokrasi serta penanggulangan bencana di berbagai daerah," ucap Kapolres. 

Selain itu, Polri juga telah berperan mengungkap berbagai kejahatan lintas negara seperti terorisme, narkotika, perdagangan orang, kejahatan cyber, ilegal logging, ilegal fishing dan tindak pidana korupsi dengan mengungkap kerugian negara sepanjang 2018  senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan uang negara senilai Rp 2,3 triliun.

Kapolres-Bontang-c.jpg

Puncaknya, Kapolres memberikan penghargaan kepada 60 personel polres yang telah mengabdi tanpa ada cacat tugas, masing-masing diberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya. 

Usai penyematan pita penghargaan Bhayangkara Nararya, Kapolres melakukan upacara pelepasan kepada dua perwira yang memasuki masa pensiun atau Purnawira yakni Kompol Purnawira Sukandar dan AIPTU Purnawira Mahdiansyah. 

Dalam rangkaian perayaan HUT Bhayangkara Ke-73 tersebut keduanya diberi penghargaan atas pengabdian selama puluhan tahun.

Diketahui, Kompol Sukandar memulai karirnya bersama Polres Bontang sejak 1983. Total, ia telah mengabdi selama 36 tahun dengan jabatan terakhir sebagai Kasubag Hukum Polres Bontang.

Kapolres-Bontang-d.jpg

Begitu pula bagi AIPTU Mahdiansyah yang telah mengabdi puluhan tahun untuk kepolisian. Pos terakhir yang ia jabat ialah KS PKT Polsek Muara Badak kawasan yang masih termasuk wilayah hukum Polres Bontang.

Pelepasan personel ini dilakukan melalui upacara pedang pora. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dari institusi Polri atas pengabdian mereka.

Dalam prosesi itu, satu regu tim membentuk lingkaran, sembari menghunus pedang ke udara. Sementara dua purnawira Kompol Sukandar dan AIPTU Mahdiansyah mengisi ruang di tengah lingkaran itu.

Angkatan muda Polres Bontang membawa obor, lantas memberikannya kepada purna wira. Sembari berlutut.

Angkatan muda tersebut mengucap janji akan melanjutkan perjuangan keduanya di Polres Bontang dan meneladani sikap setia, mengabdi, bertanggung jawab, dan profesional dalam mengemban tugas sebagai anggota Polri. Kapolres Bontang pun memasuki lingkaran. Kemudian mengalungkan bunga kepada dua Purnawira sambil mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kesetiaan keduanya kepada institusi Polri. (*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Loading...
Registration