Gaya Hidup

Kurang Tidur Membuat Susah Fokus, Apa Sebabnya?

Kurang Tidur Membuat Susah Fokus, Apa Sebabnya? ILUSTRASI - Susah Fokus. (FOTO: Shutterstock)
Kamis, 11 Juli 2019 - 07:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu penyebab mengapa kurang tidur membuat Anda susah fokus adalah kelelahan. Kelelahan akibat begadang semalaman dapat menurunkan kinerja hingga suasana hati Anda bisa memburuk.

Pada malam hari, saat Anda bersiap untuk tidur sesuai dengan jamnya, tubuh akan menurunkan kadar kortisol. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan oleh manusia saat sedang stres dan memengaruhi kerja otak Anda.

Ketika jam tidur terganggu, penurunan kadar kortisol dalam tubuh juga terganggu, akibatnya kinerja otak turut terganggu. Itu sebabnya, mereka yang kurang tidur biasanya lebih rentan terhadap stres dan perubahan mood.

Sebaliknya, orang yang memiliki kebiasaan tidur baik dapat berdampak baik pula pada otaknya, terutama konsentrasinya.

Seperti yang dilansir dari Everyday Health, penelitian terdahulu menyebutkan bahwa masalah memori berhubungan dengan menurunnya kadar oksigen. Namun, penelitian yang dilakukan pada 55 penderita sleep apnea justru membuktikan bahwa kadar kortisollah yang berperan besar terhadap kemampuan berpikir.

Penderita sleep apnea biasanya kesulitan tidur karena kerap terbangun mendadak dan sesak napas. Mereka juga memiliki masalah dengan kadar oksigen dalam tubuhnya akibat sesak napas.

Mereka yang kualitas tidurnya buruk diketahui memiliki hormon stres, seperti kortisol, yang tinggi. Begitu pula orang-orang yang kurang tidur karena gaya hidup.

Kortisol yang tinggi itu lalu membuat penurunan fungsi kognitif otak dan hippocampus. Hippocampus adalah bagian otak yang berfungsi untuk mendapatkan informasi dan menyimpannya ke ingatan dalam jangka waktu yang lama. Itu sebabnya Anda akan menjadi susah fokus saat kurang tidur(*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Loading...
Registration