Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Wabup Irwan Akan Sulap Pecinan Seperti Malioboro

Rabu, 10 Juli 2019 - 22:09 | 142.28k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa pihaknya akan menyulap Pecinan di Jalan PB Sudirman menjadi seperti Malioboro Yogyakarta.

Hal itu terinspirasi dari Festival Pecinan atau Chinatown di Harjabo ke-200. Di mana animo masyarakat dan perputaran uang di festival tersebut sangat luar biasa. Makanya perlu dipermanenkan. 

Nantinya yang digerakkan adalah kuliner, kaos. Misalnya kaos dengan tulisan khas Bondowoso. Misalnya bertuliskan "I Love Bondowoso" dan sebagainya. “Kita sedang giring ke sana. Realisasinya bertahap tapi sudah menjadi inspirasi buat kita,” jelasnya.

Menurutnya melakukan penataan kota dengan menggerakkan keramaian-keramaian, merupakan konsep ekonomi kreatif dan branding yang bagus.

“Seperti Malioboro, karena animo masyarakat. Dan ini tidak boleh berhenti. Tentunya sebagai pusat oleh-oleh ada yang jual baju dan sebagainya. Tapi pagi harus sudah bersih,” katanya.

Pihaknya mengaku akan melakukan penataan karena ada beberapa permintaan masyarakat supaya Festival Pecinan itu bukan hanya di Jalan PB Sudirman. Tapi sampai Jalan Tengku Umar dan REE Marthadinata. “Jadi permintaan masyarakat langsung. Di IG saya yang chatpri saya lebih banyak yang respect,” sambungnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa dampak dari adanya Festival Pecinan kemarin perputaran uang sangat besar. Menurutnya, dari kurang lebih 70 stand yang ada di Festival Pecinan, rata-rata per hari setiap stand berpenghasilan di atas Rp 3.000.000.

“Jam 5 buka, pukul jam 7 sudah habis. Kami lihat toko-toko yang semula sepi setiap hari. Toko sepatu toko baju dan lain sebagainya dengan adanya diskon dan sale semacam itu dia rame,” akunya.

Mengingat dalam Festival Pecinan kemarin pendapatan PKL bisa Rp 3.000.000 sehari dengan jumlah stand 70. Maka dalam sehari perputaran uang mencapai Rp 210.000.000. Makanya Wabup Irwan Bachtiar Rahmat menginginkan Pecinan Bondowoso dan sekitarnya dibuat seperti Malioboro Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES