Peristiwa - Daerah

Tanaman Lidah Mertua Jadi Salah Satu Identifikasi Tanggulangi Polusi Udara di Jakarta

Tanaman Lidah Mertua Jadi Salah Satu Identifikasi Tanggulangi Polusi Udara di Jakarta Ilustrasi: Tanaman lidah mertua. (FOTO: dekoruma)
Rabu, 10 Juli 2019 - 21:43

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, pihaknya tengah mendalami langkah penanggulangan terkait polusi udara yang terjadi di kawasan Ibu Kota Jakarta.

Darjamuni menjelaskan penanggulangan yang disiapkan pihaknya berupa pemberdayaan tanaman hias Lidah Mertua untuk menekan angka polusi udara akibat emisi gas kendaraan ini. 

"Lidah mertua yang paling efektif untuk menyerap polutan dari emisi kendaraan," ucap Darjamuni saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Pasalnya, Darjamuni bersama pihaknya meyakini bahwa tanaman bernama latin Sansevieria ini teridentifikasi dapat mengurangi polusi udara yang terbilang masuk dalam level mengkhawatirkan.

Sebab, indeks kualitas udara atau air quality index (AQI) mencatat kualitas udara di Jakarta berada pada angka 145 hingga menempatkan Ibu Kota Jakarta sebagai kota dengan polusi udara terbutuk nomor tiga dunia. 

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta melaui Dinas KPKP terus menggencarkan program penghijauan kepada masyarakat dengan identifikasi tanaman hias yang berdampak akan lingkungan. 

"Kami juga mengidentifikasi untuk pengembangan tanaman seperti lidah mertua dan lainnya di atap-atap," jelasnya.

Seperti diketahui, data aplikasi kualitas udara AirVisual memaparkan polusi udara di Jakarta kian memburuk akibat emisi gas buang kendaraan bermotor. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration