Peristiwa - Daerah

Pemprov DKI Jakarta Siap Hadirkan Alternatif Bantuan kepada Ratusan Pencari Suaka

Pemprov DKI Jakarta Siap Hadirkan Alternatif Bantuan kepada Ratusan Pencari Suaka Suasana Ratusan Pencari Suaka Yang Menduduki Kawasan Trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 20:12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah sebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki beberapa alternatif bantuan terkait ratusan pencari suaka yang memadati trotoar di kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. 

Beberapa bantuan alternatif tersebut disampaikan Saefullah dalam bentuk penyediaan tenda yang laik bagi para pencari suaka yang berasal dari Somalia, Afghanistan dan Sudan.  "Ada beberapa alternatif yang kita punya ya tenda, tenda dengan alas yang manusiawi lah," ucap Saefullah kepada wartawan di Gedung Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Lanjutnya, Saefullah menuturkan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah memberikan bantuan layanan kesehatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Layanan tersebut berupa pengecekan kesehatan dari kondisi para pencari suaka tersebut.

"Kesehatan kemarin, ngecek. Kalau obatnya dokternya yang tahu. Yang jelas diperiksa, sama lah dengan pemeriksaan SOP pertama diperiksa tekanan darah, denyut jantung. Kan begitu terus ada keluhan apa obatnya disesuaikan," jelas Saefullah. 

Untuk diketahui, sejak dua pekan berada di kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ratusan pencari suaka tersebut menuntut kejelasan akan nasib mereka kepada badan dunia United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR).

Namun, Pemprov DKI Jakarta belum dapat memastikan relokasi bagi 260 pencari suaka tersebut dengan komitmen menunggu keputusan dari UNHCR serta pemangku kebijakan dalam negeri lainnya. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration