Peristiwa - Daerah

Sekda DKI Jakarta: Pencari Suaka Belum Dipastikan akan Direlokasi ke JIC

Sekda DKI Jakarta: Pencari Suaka Belum Dipastikan akan Direlokasi ke JIC Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah. (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 19:47

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah sampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum dapat memastikan relokasi bagi ratusan pencari suaka yang memadati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. 

Meski pada pemberitaan sebelumnya gencar diisukan para pencari suaka ini akan direlokasi Pemprov DKI Jakarta ke kawasan Jakarta Islamic Center (JIC), Jajarta Utara.

"Belum, belum," ucap Saefullah, saat disinggung soal wacana relokasi para pencari suaka ke kawasan JIC di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Lanjutnya, Saefullah mengatakan bentuk bantuan Pemprov DKI Jakarta hanya penyediaan tenda dengan alas yang layak. 

Pasalnya, keputusan lanjutan akan nasib para pencari suaka tersebut masih dalam pembicaraan oleh para pemangku kebijakan seperti United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI).

"Kita sedang menunggu ini, menunggu dari Kementrian Luar Negeri sama UNHCR diskusinya seperti apa nanti apa yang Pemprov bisa lakukan, kita lakukan," jelas Saefullah. 

Dalam pemberitaan sebelumnya, tersiar kabar akan adanya relokasi ratusan pencari suaka yang berasal dari Sudan, Afghanistan, serta Somalia oleh Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta ke kawasan JIC. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration