Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Kodim 0824 Jember Lanjutkan Program S3T

Kodim 0824 Jember Lanjutkan Program S3T Pemberian materi Wasbang dan PBB pada MOS Siswa-siswi baru. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 17:02

TIMESINDONESIA, JEMBER – Dalam rangka mendukung tugas-tugas Pemerintah Kabupaten Jember dalam membina pelajar dan generasi bangsa melalui Program Satu Sekolah Satu TNI (S3T), di sejumlah sekolah dilakukan pemberian materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada Masa Orientasi Sekolah (MOS). Yaitu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat oleh personel Koramil jajaran Kodim 0824 Jember

Seperti Rabu (10/7/2019) di beberapa sekolah di antaranya di SMK dan MTs Darul Muhklisin, Desa Sumber Kejayan, Kecamatan Mayang, Jember. Pelaksanaan Program S3T di sekolah tersebut diikuti 124 siswa baru. Pemberian materi Wasbang dan PBB  oleh 3 personel Koramil 0824/08 Mayang dipimpin Pelda Samadi.

Program-S3T-kodim-jember-2.jpg

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Madrasah Aliyah (MA) Al Masri Curah Malang, Kecamatan Rambipuji kepada 70 siswa baru. Materi diberikan oleh Pelda Bambang bersama 2 anggota Koramil 0824/13 Rambipuji.

Selanjutnya materi Wasbang dan PBB diberikan di MA, SMK, dan MTs Al Qodiri Gumukmas diikuti oleh 240 siswa baru. Pemateri 3 personel Koramil 0824/20 Gumukmas dipimpin Serda I Gusti Ngurah Sudianta.

Dalam rangka MOS di SMA Al Fallah Karangharjo, Kecamatan Silo, Jember Program S3T diikuti 140 siswa baru dan materi diberikan oleh 3 personel Koramil 0824/07 Silo dipimpin oleh Serma Khotibul.

Program-S3T-kodim-jember-3.jpg

Menyikapi kegiatan yang dilaksanakan tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menerangkan, kegiatan Satu Sekolah Satu TNI tersebut sebagai bagian dari tugas-tugas pembinaan teritorial dalam menguatkan kondisi sosial masyarakat khususnya pelajar dan generasi muda agar memiliki kemantapan rasa bela negara, rasa cinta tanah air, dan berwawasan kebangsaan.

"Kegiatan tersebut memang tidak nampak manfaatnya pada jangka pendek, namun kita harus menyadari bahwa nasib bangsa Indonesia ke depan ada di tangan-tangan generasi muda tersebut. Sehingga menjadi tanggung jawab kita dalam memberikan pembekalan dan pembinaan yang memadai sehingga mereka memiliki kedisiplinan, kecerdasan, mental, dan karakter harapan bangsa," terang Komandan Kodim 0824 Jember mengakhiri tanggapannya. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration