Peristiwa - Daerah

Ratusan Pencari Suaka di Jalan Kebon Sirih akan Direlokasi

Ratusan Pencari Suaka di Jalan Kebon Sirih akan Direlokasi Para Pencari Suaka Yang Mendiami Trotoar Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (FOTO: Rizki Amana/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 16:25

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat masih ramai diduduki oleh para pencari suaka yang menggelar tikar di sepanjang trotoar pejalan kaki. 

Pantauan TIMES Indonesia, beberapa petugas Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta sibuk melakukan pendataan kepada para pencari suaka yang berasal dari beberapa negara Afrika maupun Timur Tengah ini. 

"Ini masih didata. Selesai pendataan kita langsung relokasi," ucap salah satu petugas Dinsos DKI Jakarta saat ditemui di lokasi, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dengan alasan kemanusiaan dan solidaritas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merelokasi ratusan pencari suaka tersebut ke kawasan Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara sembari menunggu hasil keputusan terkait nasib mereka oleh United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR).

Kepada TIMES Indonesia, Hamid, salah seorang dari ratusan pencari suaka tersebut mengatakan ada sekitar 241 orang para pencari suaka di trotoar Jalan Kebon Sirih ini. Dari jumlah tersebut sekiranya terdapat 50 anak yang masih berusia di bawah 10 tahun. 

"50 orang anak, tapi saya harus memastikannya lagi. Ada juga yang masih bayi berumur satu bulan," kata Hamid dengan menggunakan bahasa Indonesia seadanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan bahwa para pencari suaka tersebut bersedia direlokasi ke kawasan Islamic Center, Jakarta Pusat. 

Hal ini dikatakan Prasetyo seusai berdiskusi dengan ratusan pencari suaka ini. "Pagi ini kita relokasi ke Islamic Center," ucap Prasetyo saat dikonfimasi. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration