Ekonomi

Kartu Tani untuk Bantuan Pupuk Subsidi Tak Bisa Digunakan di Pamekasan

Kartu Tani untuk Bantuan Pupuk Subsidi Tak Bisa Digunakan di Pamekasan Kartu Tani di Pamekasan. (foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 17:36

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Petani di Pamekasan tetap tak bisa menggunakan kartu tani untuk memperoleh pupuk subsidi. Kartu tani penanda penerima bantuan pemerintah itu sudah dibagikan sejak 2018 lalu.

Riski, (23) asal Pakong, Kabupaten Pamekasan mengaku sudah berbulan-bulan memegang kartu tani namun, hingga kini kartu tani tersebut tidak berfungsi.

"Sudah dapat kartunya tetapi kalau untuk mendapatkan pupuk subsidi, ya seperti biasa tidak pakai kartu," ungkapnya, Rabu (10/7/2019).

Meski tak terpakai, dirinya masih menyimpan Kartu Tani tersebut untuk jaga-jaga ketika kartu itu benar-benar berfungsi. Selain itu bantuan tersebut masih diharapkan oleh petani.

"Jadi saya berharap kepada pemerintah terkait untuk segera memfungsikan kartu tani supaya masyarakat tidak selalu berharap," ungkapnya.

Dia mengaku pada saat mendapatkan kartu itu, sudah mendapatkan sosialisasi dalam penggunaannya namun tetap saja dalam realisasinya, penggunaan kartu tak jelas. 

"Petani sudah terbiasa secara berkelompok melalui Kelompok Tani (Poktan) di desa yang ada di Kacamatan Pakong tidak menggunakan kartu tani," ungkapnya.

Sementara, Abd. Wasik Irfasandi  (25) asal Desa Ragang, Kecamatan Waru, Pamekasan mengatakan bahwa dirinya justru belum mendapat kartu tani. Dia mengaku termasuk petani yang tergolong miskin. "Penyaluran kartu tani di desa tidak merata ke semua petani," ungkapnya.(*)

Jurnalis : Akhmad Syafii (MG-78)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Loading...
Registration