Peristiwa Daerah

Pengamat Ungkap TGB Layak jadi Menteri Jokowi, Ini Alasannya

Rabu, 10 Juli 2019 - 17:06 | 160.51k
Direktur Lembaga Kajian Sosial Politik Mi6 Bambang Mei Finarwanto (Kanan) bersama dengan TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab dipanggil TGB. (FOTO: Istimewa)
Direktur Lembaga Kajian Sosial Politik Mi6 Bambang Mei Finarwanto (Kanan) bersama dengan TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab dipanggil TGB. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Nama-nama calon menteri Jokowi- KH Ma'ruf Amin terus menyeruak. Partai politik maupun ormas menyodorkan kader mereka. Lembaga Kajian Publik dan Politik M16 menilai Gubernur NTB periode 2008-2018 TGB HM Zainul Majdi dinilai layak mengisi posisi menteri.

"Saya nilai sudah saatnya TGB ini menjadi milik Indonesia. Bukan lagi milik NTB semata," kata Direktur M16, Bambang Mei Finarwanto, Rabu (10/7/2019).

Didu sapaan akrabnya mengatakan, TGB terbukti sanggup berselancar dalam kerasnya pertarungan politik Pilpres 2019. Bahkan, Koorbid Keummatan DPP Partai Golkar itu menjadi salah satu komunikator Jokowi-Ma'ruf Amin yang handal. Publik yang tak percaya dan cenderung apatis pada Presiden bisa mendapat penjelasan yang tepat.

"Ketika ada isu soal agama, TGB mendinginkan situasi. Salah satu pernyataannya yang cukup baik adalah jangan sampai kontestasi politik merusak persaudaraan," ucapnya.

"Karena kata TGB, persaudaraan adalah aset tak terlihat milik Indonesia," sambungnya.

Pria asli Surabaya ini menyebut, ia mengikuti pemberitaan aktivitas TGB mulai dari Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, bahkan hingga Pulau Sulawesi. Ajakan TGB untuk meletakkan politik secara wajar itu sudah tepat.

"Jangan lagi ada pembelahan di masyarakat. Ini kan pesta demokrasi lima tahunan, bagi yang kalah masih ada kesempatan lima tahun lagi. Jangan dibuat ruwet," bebernya.

Selain itu, lanjut Didu, Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan (PBNW) sanggup berjejaring dengan bagus ketika bertemu ulama dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, ataupun organisasi masyarakat lainnya. Dengan lintas agama juga seolah tidak ada sekat. Pertemuannya dengan banyak ulama sepuh, mengisyaratkan TGB bisa diterima semuanya.

"Dan jangan lupa, TGB ini ketua ikatan alumni Al Azhar Indonesia. Ada puluhan ribu alumni di Indonesia," imbuhnya.

Dari sisi kecakapan memimpin, Didu menilai, TGB sudah teruji. Selain pernah menjadi anggota DPR RI, ia dua periode memimpin NTB. Banyak hal luar biasa yang sudah dilakukan untuk NTB. Dari mulai soal peningkatan SDM, pengembangan pariwisata, pemberdayaan ekonomi, sampai sektor pertanian dan kelautan.

"Jadi wajar ketika saya ke Jawa kemudian ditanya, dari mana? Ketika saya jawab NTB, orang akan menjawab, oh TGB ya," urainya.

Sebagai tokoh politik, TGB diakui oleh Didu memiliki visi pembangunan yang jelas. Ulama yang memahami tata kelola pemerintahan yang baik. Programnya bisa mengena sasaran.

"Sosok TGB yang saya kenal itu model politikus apa adanya. Tak terlalu mengumbar pencitraan, fokus pada kerja nyata," terangnya.

Didu menambahkan, TGB sebagai permata bagi NTB, namanya sanggup menarik perhatian seluruh Indonesia. Dan warga NTB secara tidak langsung bisa dikenal karena TGB.

Diakui Didu, politik memang selalu menghasilkan momentum tak terduga, kadang yang berkeringat justru kurang diperhatikan. Sebaliknya yang santai, justru dielu-elukan.

"Semestinya kita warga NTB satu suara mendukung TGB jadi menteri dalam pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf Amin," kata Didu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES