Ekonomi

PNM Dukung Kamajuan Pelaku UKM Madiun

PNM Dukung Kamajuan Pelaku UKM Madiun Stand pameran UKM PNM di Alun-alun Kota Madiun menampilkan produk usaha binaan. (Foto: Ervan Marwantaka/TIMES Indonesia)
Rabu, 10 Juli 2019 - 15:57

TIMESINDONESIA, MADIUN – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merealisasikan dukungan untuk kemajuan pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) di Kota Madiun. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam acara “Pameran Produk UKM Pekan Raya Kota Madiun” yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Madiun pada 29 Juni - 14 Juli 2019.

Kegiatan tahunan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Madiun ini, menjadi ajang pameran beragam produk unggulan pelaku UKM Kota Madiun.

"Pengunjung dapat berdiskusi mengenai usaha yang dijalankan bersama dengan analis bisnis PNM yang profesional. Selain itu, beragam games seru PNM juga dapat diikuti oleh pengunjung," kata Kepala Bagian Komunikasi PNM YR Wijayandaru saat mengunjungi stand pameran, Kamis (10/7/19) siang tadi.

PNM sebagai lembaga keuangan yang berdedikasi memajukan UKM Indonesia, turut memeriahkan kegiatan ini dengan memamerkan tujuh produk unggulan nasabah binaan PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang berasal dari Kota Madiun dan sekitarnya. Antara lain produk sandal kulit, kerajinan akar jati, kerajinan limbah kayu jati, madu, kopi dan makanan rengginang.

"PNM pun memberikan informasi kepada para pengunjung mengenai peran PNM dalam memberikan pembiayaan dan pendampingan kepada palaku UKM. Melalui program unggulan PNM, yaitu Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok (PKU-PK) memberikan pendampingan dan pelatihan secara reguler maupun kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kelas usaha nasabah binaan PNM," jelas YR Wijayandaru.

Lanjutnya, PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (PNM ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha. "Saat ini PNM memiliki 2.438 kantor layanan, yang terdiri dari 62 kantor cabang PNM, 627 kantor layanan ULaMM dan 1.989 kantor cabang Mekaar," ungkap Kepala Bagian Komunikasi PNM YR Wijayandaru. (*)

Jurnalis : Ervan Marwantaka (MG-55)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration