Gaya Hidup

Manfaat Minyak Zaitun, Benarkah Bisa Mencegah Penuaan Dini?

Manfaat Minyak Zaitun, Benarkah Bisa Mencegah Penuaan Dini? ILUSTRASI - Manfaat Minyak Zaitun. (FOTO: Nasionalisme.co)
Rabu, 10 Juli 2019 - 04:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Minyak zaitun termasuk salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk perawatan kulit. Pemilik kulit kering memang disarankan untuk bersahabat dengan produk perawatan yang berbahan dasar minyak seperti minyak zaitun. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang patut Anda coba.

1. Mencegah kanker kulit

Kandungan antioksidan minyak zaitun sangat baik untuk kulit. Antioksidan itu sendiri adalah zat yang dapat mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yakni bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

2. Mencegah penuaan dini

Ketika minyak zaitun diaplikasikan pada kulit wajah, antioksidannya dapat mencegah penuaan dini. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, minyak zaitun dapat melindungi hewan dari kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV) terus-menerus.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit hewan yang telah terkena sinar UV. Hasilnya, tercatat pertumbuhan tumornya jauh lebih rendah ketimbang hewan yang tanpa pengolesan minyak zaitun.

3. Mengatasi penyakit kulit

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Misalnya, vitamin E selama bertahun-tahun digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti psoriasis dan eksem.

4. Memberikan efek antibakteri di kulit

Selama ini, minyak zaitun dipercaya memiliki sifat antibakteri. Sayangnya, hanya sedikit penelitian ilmiah yang meneliti kemampuan minyak tersebut untuk mengendalikan bakteri di kulit.

5. Memberikan efek lembut pada kulit

Saat wajah terlihat dan terasa kasar, saat Anda bersahabat dengan minyak zaitun. Tak hanya mampu melembapkan, minyak zaitun juga menjadikan kulit lembut. Dokter Karin menyarankan, Anda bisa membuat scrub dengan campuran minyak zaitun, gula pasir atau bubuk kopi, dan madu.

6. Pembersih wajah murah meriah

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke wajah sambil melakukan pjatan ringan. Setelahnya, seka kelebihan minyak di wajah dengan kain lembut. Ulangi proses ini hingga wajah terasa bersih, lalu bilas dengan air.

Itulah lima manfaat minyak zaitun untuk perawatan kulit. Lakukanlah secara rutin dan dukung dengan pola hidup sehat agar wajah benar-benar tampak sehat dan memukau. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration