Peristiwa Daerah

Gandeng APKASI, Kemenpar RI Kembangkan Pariwisata Daerah Berbasis Teknologi

Senin, 08 Juli 2019 - 23:24 | 74.51k
Gandeng APKASI, Kemenpar RI Kembangkan Pariwisata Daerah Berbasis Teknologi
Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas (kiri). (FOTO: kemenpar.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) menggandeng Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata daerah. Terlebih mendorong percepatan pengembangan desa wisata dan homestay di era melek teknologi saat ini.

Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung berbagai program guna mengembangkan sektor pariwisata daerah.

"Kami akan dorong cross border tourism terutama daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia," ujarnya saat penutupan APKASI Otonomi Expo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta seperti dilansir dari laman resmi kemenpar.go.id, Senin (8/7/2019).

APKASI, lanjutnya, telah sepakat dengan Kemenpar RI memilih Atambua Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai wilayah prioritas percepatan pengembangan cross border tourism yang dimaksud. "Harapannya, daerah lain akan terinspirasi dan mengikuti langkah ini," ucap dia.

Sedangkan untuk mengembangkan sektor pariwisata di era teknologi saat ini, Azwar menilai diperlukan inovasi serta kerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi, misalnya startup.

Azwar pun mencontohkan penggunaan platform online dalam mempromosikan homestay yang ada di Banyuwangi. “Homestay yang terintegrasi dengan platform online juga sebaiknya dikembangkan seperti yang kami lakukan di Banyuwangi. Sekarang sudah ada sekitar 400 homestay yang telah terdaftar online,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vitria Ariani, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Pedesaan dan Perkotaan Kemenpar RI berharap, APKASI punya komitmen yang kuat membangun pariwisata daerah. “Karena sebenarnya pertumbuhan desa-desa itulah yang menjadikan Indonesia negara yang kuat, tanpa melupakan kearifan desa," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES