Peristiwa - Internasional Uni Emirat Arab

Negara yang Mengurusi Kebahagiaan Warganya

Negara yang Mengurusi Kebahagiaan Warganya Keramaian di salah satu sudut Bandara Internasional Dubai. (Foto-Foto: Tofan Mahdi for TIMES Indonesia)
Sabtu, 06 Juli 2019 - 07:07

TIMESINDONESIA, DUBAI – Bandara adalah etalase sebuah bangsa. Kita bisa mengukur peradaban suatu bangsa hanya dengan melihat bagaimana negara tersebut mengelola bandaranya. Tertibkah? Bersihkah? Pun manusiawi dan beradabkah? Atas tiga pertanyaan tadi saya menjawab ya untuk Bandara Internasional Dubai (DXB), salah satu bandara terbaik di dunia. 

Bersaing dengan Changi Airport (SIN) Singapura dan Doha International Airport (DOH) Qatar, Dubai Airport menjadi surga transit bagi para pejalan yang akan melanjutkan penerbangannya ke berbagai penjuru dunia: Eropa, Afrika, pun Amerika. Juga ke negara Asia lain dan Australia.

tof.jpg

Ramah, efisien, sophisticated, bersih, dan  manusiawi, meski dalam beberapa aspek (poin) mungkin kalah dengan Changi atau Doha. Uni Emirat Arab, seperti halnya Qatar dan Oman, menampilkan wajah Islam yang kaya, modern, maju, ramah, dan masyarakatnya berperadaban tinggi. 

Dari awal berdiri, UEA memang didesain menjadi sebuah negara yang tidak saja kaya, tetapi juga maju dan modern. Income per capita (pendapatan rata-rata penduduk per tahun) UEA sebesar USD 74.410 atau sekitar Rp 1,049 miliar per tahun atau sekitar Rp 87,4 juta per bulan. Hampir sama dengan Norwegia.

tof1.jpg

Angka ini memang masih di bawah Qatar yang pendapatan per kapitanya mencapai USD 128.060 atau sekitar Rp 1,8 miliar per tahun atau Rp 150 juta per bulan. Sekadar membandingkan, pendapatan per kapita Indonesia adalah USD 4.284 atau sekitar Rp 60,4 juta per tahun atau sekitar Rp 5,03 juta per bulan. 

tof3.jpg

Hal lain yang menarik dari UEA ini yaitu adanya dua kementerian, dan ini mungkin satu-satunya di dunia, yaitu Kementerian Negara urusan Toleransi dan Kementerian Negara urusan Kebahagiaan.

tof4.jpg

Hmmm keren ya negara Islam yang satu ini, sudah toleran juga peduli sama kebahagiaan warganya. Semoga pemimpin dan para pejabat negara kita juga peduli dengan kesejahteraan dan kebahagiaan warganya ya guys. 

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration