Peristiwa - Daerah

Tahun Ini, Bondowoso Berangkatkan 590 Jemaah Calon Haji

Tahun Ini, Bondowoso Berangkatkan 590 Jemaah Calon Haji Suasana pembekalan Jemaah calon haji Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kamis, 04 Juli 2019 - 19:45

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan berangkatkan sebanyak 590 orang jemaah calon haji (JCH).

Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, yang berada di angka 530 orang. Peningkatan itu karena memang kuota Indonesia ada 221.000 orang dan ditambah10.000. Angka tambahan itu diambil dari seluruh Indonesia

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bondowoso, Solihul Kirom mengatakan bahwa jemaah nanti dibagi dua kloter.  “Kloter pertama sejumlah 445. Untuk kloter kedua, ada 145 jamaah,” katanya saat acara pembekalan JCH, di Pendapa Bupati Kamis (4/7/2019).

Namun kata dia, 5 jemaah berangkat duluan ikut Madiun. Sehingga bisa berangkat dan pulang duluan, karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan.

Masih menurutnya, kesehatan jemaah calon haji sangatlah penting. Sehingga mereka difasilitasi mulai dari Bondowoso sampai pulang lagi ke Bondowoso.

“Mereka difasilitasi tim kesehatan, demikian juga di Mekkah dan di Madinah. Bahkan sampai rawat inap, memang kewajiban dari pemerintah,” katanya.

Selain itu, sambung dia, juga ada fasilitas pemondokan, pelayanan ibadah, kesehatan dan kain haji.

Adapun 590 jemaah calon haji 2019 asal Bondowoso akan diberangkatkan 22 Juli mendatang. Sebelumnya, mereka telah mendaftar dan menabung selama 9 tahun. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration