Kuliner

Kreco, Kuliner yang Mulai Langka Ditemukan

Kreco, Kuliner yang Mulai Langka Ditemukan Kreco/Keong mas bumbu kuah rempah (FOTO: Muh Rofi'i/TIMES Indonesia)
Kamis, 04 Juli 2019 - 18:00

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Masakan tradisional berbahan kreco atau keong mas ini dikenal di banyak daerah di Jawa Timur. Pamornya sempat meredup dan tergeser makanan modern seperti makanan cepat saji.

Meski mulai tergusur, namun masih ada pecinta kuliner yang justru memburu kuliner yang mulai tertupakan atau dilupakan. Mereka memburu kuliner tradisonal yang mulai langka dijajakan, seperti olahan kreco ini.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan beberapa pedagang street food di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul Kediri.

Cak Mat salah satu pedagang kreco mengatakan kreco masih banyak penggemarnya. "Mulai anak muda sampai orang tua banyak yang datang ke sini untuk membeli kreco seperti ini," terang cak Mat.

Ia juga mengatakan dia mengolah kreco untuk dijajakan sampai 25 kilogram setiap harinya. "Ada yang saya buat sate bumbu kacang, sebagian saya masak rempah beserta cangkangnya," katanya.

Harga satu porsi sajian kreco pun terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 per porsi. "Yang lebih asyik dari masakan kreco ini adalah cara makannya. Dengan pakai tusuk gigi atau semacamnya untuk mencongkel keluar daging dari cangkangnya," tuturnya.

Penasaran? Pingin tahu rasa kreco olahan Cak Mat? Sempatkan mampir ke lapak milinya di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul Kediri bila Anda berkunjung ke kota ini. (*)

Jurnalis : Muh. Rofi'i (MG-92)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Kediri

Komentar

Loading...
Registration