Gaya Hidup

Tips Make Up untuk Kulit Kering

Minggu, 30 Juni 2019 - 06:02 | 177.60k
ILUSTRASI (FOTO: AlikeYou /shutterstock)
ILUSTRASI (FOTO: AlikeYou /shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyesuaikan make up dengan jenis kulit bukan perkara mudah. Jika salah memilih tekstur dan formulanya akan membuat tampilan make up cakey, bahkan dapat menimbulkan komplikasi lainnya pada kulit. Jika Anda memiliki kulit kering, berikut beberapa tips make up yang harus diperhatikan, khususnya untuk pemilik kulit kering.

1. Pilih make up cair atau krim

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya pilihlah produk make up berbentuk cair yang memiliki kandungan minyak di dalamnya, Namun, jika Anda tidak ingin tampil dengan makeup tebal, pilihlah pelembab berwarna yang tampilannya lebih tipis atau bisa juga gunakan BB cream sebagai alternatifnya. Selain buat tampilan lebih segar, BB cream juga biasanya memiliki kandungan yang baik untuk kulit, seperti vitamin B dan asam hyaluronic.

2. Jaga bibir tetap sehat

Lakukan eksfoliasi bibir setiap satu minggu sekali dengan campuran madu dan gula. Gula mampu mengeluarkan sel-sel mati di dalam bibir sedangkan madu membantu menghidrasi bibir agar terlihat segar. Atau, Anda bisa gunakan sikat gigi Anda untuk mengeluarkan sel-sel mati. Cukup gunakan sikat gigi tanpa perlu menambahkan pasta gigi.

3. Pilih lipstik yang tepat

Jika bibir Anda tergolong kering, hindari penggunaan lipstik dengan formula matte atau formula yang tahan lama karena jenis lipstik tersebut membuat bibir cepat kering. Make up untuk kulit kering yang cocok di bibir adalah jenis lipgloss yang membuat tampilan lebih cerah dan segar.

4. Tidak perlu gunakan bedak

Meski tergoda untuk menggunakan bedak, hindari sebisa mungkin. Kulit kering tidak memerlukan bedak karena hal tersebut hanya akan menambah efek kering di kulit wajah Anda. Namun, jika setelah menggunakan make up dalam waktu lama dan merasa ada bagian di zona T yang berminyak, sebaiknya tepukkan bedak hanya pada bagian tersebut.

5. Lakukan eksfoliasi kulit secara teratur

Kulit yang kering cenderung menumpuk banyak kulit mati. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menambahkan kebiasaan eksfoliasi ke dalam rutinitas Anda. Sehingga, kulit terhidrasi dengan lapisan kulit yang baru.

6. Bawa penyegar wajah

Face mist adalah salah satu item untuk kulit kering yang wajib Anda bawa setiap hari. Toner penting untuk menjaga kesegaran wajah Anda. Jika mulai merasa kering, aplikasikan toner ke wajah Anda. Penggunaan toner ini bisa memberikan keseimbangan dari makeup yang Anda gunakan.

7. Selalu gunakan pelembap

Memiliki kulit kering berarti Anda harus memastikan kulit Anda terhidrasi dengan baik. Pastikan selalu menggunakan pelembap. Pilihlah pelembap yang berbentuk krim dengan kandungan asam hyaluronic yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES