Gaya Hidup

Pilihan Camilan Sehat saat Lapar di Malam Hari

Sabtu, 29 Juni 2019 - 23:10 | 68.16k
Camilan. (foto: ehow.com)
Camilan. (foto: ehow.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda ingin makan lagi saat malam hari? Tapi makanan berat dapat menambah kalori dalam tubuh Anda, sedangkan metabolisme tubuh melambat pada malam hari. Tenang, Anda bisa beralih pada camilan sehat. Berikut ini beberapa camilan yang baik untuk dikonsumsi ketika rasa lapar di malam hari muncul.

1. Oatmeal

Oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks, jadi jika Anda ingin menambah asupan protein lebih banyak, Anda bisa menyajikannya dengan yogurt tanpa lemak.

2. Susu

Kita sering melihat promosi tentang kebiasaan minum susu sebelum tidur, dengan berbagai macam klaim kesehatan. Bahkan dipercaya bahwa anak yang dalam usia pertumbuhan perlu minum susu sebelum tidur untuk menambah tinggi badannya. Susu mampu membuat Anda tertidur nyenyak karena mengandung tryptophan asam amino, yang memberi sinyal pada otak untuk memproduksi serotonin. Selain itu, minum susu juga akan membuat Anda merasa kenyang.

3. Keju dan crackers

Keju dan crackers adalah alternatif lain dari kombinasi dari protein dan karbohidrat kompleks. Namun, bukan berarti Anda bisa makan berlebihan dan sebebasnya. Untuk menjadi camilan sehat, lihat label nutrisi pada produk yang Anda makan, sebaiknya sekitar 150 kalori dengan kombinasi crackersgandum utuh dan keju rendah lemak seperti keju feta.

4. Pisang

Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat Anda saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Selain itu, keduanya juga dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

5. Ubi

Ubi juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan potassium. Selain itu, ubi juga mengandung potassium dan niacin, keduanya baik untuk kesehatan jantung. Lalu ada fosfor, vitamin A, dan vitamin C. Anda bisa menyajikan ubi dengan mengukusnya, untuk mengurangi konsumsi minyak berlebih.

6. Popcorn

Anda bisa berbahagia sekarang karena popcorn bisa menjadi camilan sehat kala Anda lapar di malam hari, tetapi popcorn tersebut haruslah tanpa rasa, tidak ditambah garam, tidak ditambah perasa lainnya. Alasan popcorn baik untuk dikonsumsi adalah karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, juga mengandung antioksidan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES