Senin, 23 September 2019
Pendidikan

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Baca Lima Tips Ini

Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Baca Lima Tips Ini ILUSTRASI. (FOTO: caramenghitungcepat.com)
Jum'at, 28 Juni 2019 - 01:04

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merasa kebingungan menentukan pilihan jurusan kuliah setelah lulus sekolah adalah hal wajar. Namun, jangan sampai kebingungan itu menjadi penghambat. Menentukan jurusan di perkuliahan memang tidak cepat. Perlu mengamatan dan pertimbangan matang supaya kamu bisa enjoy dan match dengan jurusan yang kamu pilih. Simak lima tips di bawah ini sebelum kamu menentukan jurusan kuliah.

1. Sesuaikan minat dan keinganan

Menentukan pilihan jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan keingingan kamu. Kalau kamu memilih jurusan yang belum tentu sesuai dengan potensimu, tentu akan menyulitkan langkah kamu ke depan.

Kalau perlu, kamu bisa ikut tes minat bakat terlebih dahulu. Ukur kemampuan dan keterampilan kamu. Pastikan poin ini bisa kamu pahami sebagai langkah awal.

2. Ikuti passion bukan trend

Dalam memilih jurusan kuliah, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sesuaikan jurusan dengan passion kamu. Jangan sampai kamu mudah terbawa arus karena ikut-ikutan teman, ya. Apalagi, memilih jurusan karena trend sehingga kamu memilih jurusan itu. Duh, jangan sampai ya TIMES Lovers.

3. Cari informasi beberapa perguruan tinggi

Eits, jangan salah. Perguruan tinggi juga berpengaruh loh dengan jurusan yang akan kamu pilih. Agar makin mantap dengan pilihan jurusan kamu itu, tentukan juga pilihan perguruan tinggi favorit kamu.

Kalau perlu, kamu lakukan eksplorasi ke kampus yang akan kamu pilih. Tidak semua informasi itu benar lho, perlu kamu cek kebenarannya. Kadang seringkali realita tak sesuai ekspektasi, heheheh.

4. Prospek kelulusan

Dalam memilih jurusan, sertakan juga pertimbangan prospek kelulusannya. Kamu juga harus punya gambaran melalui jurusan yang kamu pilih tentang masa depan kamu dalam berkarier. Carilah peluang-peluang tren yang sedang berkembang pada saat ini.

5. Biaya kuliah

Enggak sedikit juga lo mahasiswa yang sudah kuliah tapi berhenti karena persoalan biaya kuliah ini. Kamu harus cek biaya kuliah per semester. Kalau di kampus negeri, biasanya lebih murah karena tidak ada uang gedung di awal. Berbeda dengan beberapa kampus swasta.

Perlu kamu ketahui juga bahwa pilihan jurusan kamu juga berpengaruh kepada biaya kuliah. Misalnya, kedokteran atau eksakta pasti lebih mahal daripada jurusan sosial.

Kalau bisa sih kamu coba daftar beasiswa supaya tanggungan kuliah kamu bisa lebih ringan dan tidak memberatkan orang tua. Nah, lima tips pilih jurusan kuliah di atas bisa jadi bahan pertimbangan kamu agar tidak bingung lagi memilih jurusan kuliah. Semoga berhasil, ya! (*)

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration