Peristiwa Daerah

26 Desa di Bondowoso Mendapatkan Program Jalin Matra 

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:30 | 81.77k
Sosialisasi Program Jalin Matra di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sosialisasi Program Jalin Matra di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pada tahun anggaran 2019 ini, 26 desa yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten BondowosoJawa Timur. Mendapatkan program Jalin Matra (Jalan lain menuju mandiri dan sejahtera). Program tersebut, merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk menekan angka kemiskinan. 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), M Asnawi Sabil mengatakan, desa-desa yang terpilih berdasarkan evaluasi dari Pemprov.  

“Karena ini sepenuhnya menjadi kewenangan. Kita hanya bisa mengusulkan dan kita sudah berusaha,” katanya usai membuka sosialisasi Jalin Matra, di Shababina 2, Kamis (27/6/2019). 

Asnawi Sabil mengatakan, provinsi punya kriteria sehingga Bondowoso kemudian bisa mendapatkan 26 desa. 

“Tapi kita sudah berterima kasih, karena diberi kepercayaan untuk selalu terlibat dan menjadi bagian yang strategis untuk mendorong percepatan penuntasan kemiskinan,” sambungnya. 

Asnawi Sabil berharap program tersebut aman dan tepat sasaran. Serta betul-betul outputnya adalah masyarakat yang menjadi sasaran dari program itu. 

Sementara untuk jumlah detail warga per desa itu variatif, dan itu nanti pendamping yang mengetahui pastinya. 

Dijelaskannya juga, hasil kordinasi dengan tim kabupaten, serta rakor yang diadakan oleh provinsi bersama kabupaten/kota se Jawa Timur. Ikhtiar provinsi dan kabupaten dengan program tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa

“Karena memang ternyata banyak hal manfaat dan positif dari program Jalin Matra ini,” jelasnya. 

Dari 26 desa yang mendapatkan program Jalin Matra. 15 desa di PFK (penanggulangan feminisme kemiskinan). 8 desa di RTSM (Rumah tangga sangat miskin). Serta 3 desa di program PK2 (Penanggulangan kerentanan kemiskinan). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES