Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

DPRD Bondowoso Sarankan Bupati Bangun 4 Destinasi Utama

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:17 | 69.79k
Salah satu destinasi di Kawasan Argopuro (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Salah satu destinasi di Kawasan Argopuro (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSODPRD Bondowoso, menyarankan Pemkab Bondowoso agar fokus membangun empat destinasi wisata yang masuk di RIPPDA (Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah). 

Adapun empat destinasi yang masuk dalam RIPPDA. Antara lain Geopark Ijen Raung, Batu Susun Solor, Peninggalan Megalitikum, dan Kawasan Argopuro. 

Komisi IV DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajat mengatakan, bahwa penyempurnaan RIPPDA,  sudah masuk dalam Perda.

“Untuk ke depan, sekali lagi keberpihakan anggaran terhadap salah satu potensi Bondowoso. Yakni dalam bidang pariwisata,” katanya. 

Menurutnya, empat destinasi utama tersebut. Jarang dimiliki daerah lain di Jawa Timur. 

“Jadi khas Bondowoso. Berkarakter, karena jarang dimiliki oleh daerah-daerah lain khususnya di Jawa Timur,” jelasnya. 

Dia berharap destinasi tersebut dibenahi. Mulai infrastruktur, SDM masyarakat sekitar. Karena menurutnya, wajib melibatkan masyarakat sekitar. 

“Bagaimana pariwisata, bagaimana pelayanan itu dan lain sebagainya. Serta penyadaran-penyadaran kepada masyarakat yang bermukim di sekitar destinasi utama,” sambungnya. 

Selain itu, MoU dan perjanjian kerja sama, antara pihak harus saling menguntungkan. Kalaupun ada klausul-klausul yang memberatkan salah satu pihak, itu akan segera dimusyawarahkan. 

Makanya, perlu duduk bersama untuk mencapai solusi yang baik. Baik itu bagi Perhutani, PTPN XII, BKSDA maupun pemerintah Kabupaten Bondowoso. 

“Yang endingnya harapan kami adalah mampu meningkatkan pendapatan asli daerah secara mutlak dari potensi wisata yang kita miliki,” jelasnya, saat  ditemui di ruangannya, Selasa (25/6/2019) kemarin. 

Dengan terbitnya Perda tentang RIPPDA. Otomatis kalau pemerintah kabupaten Bondowoso serius membangun kepariwisataan. Maka harus ditopang dengan anggaran.

Selain empat destinasi wisata utama yang masuk dalam RIPPDA (Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah). Bondowoso juga memiliki sekitar 30 destinasi penopang. Seperti wisata desa dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES