Peristiwa Daerah

Bulan Juli, Situs Patakan Lamongan Diekskavasi Tahap Tiga

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:03 | 64.55k
Situs Patakan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan saat di ekskavasi tahap dua lalu. (FOTO: foto dok TIMES Indonesia)
Situs Patakan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan saat di ekskavasi tahap dua lalu. (FOTO: foto dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan, bersama Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur, akan melakukan ekskavasi tahap tiga di situs Candi Patakan. Ekskavasi atas Situs Patakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019.

“Iya rencana akan dilakukan ekskavasi tahap tiga di Situs Pataan yang berlokasi di Dusun Montor, Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan pada 2 sampai 10 Juli 2019,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan Ismunawan, Kamis (27/6/2019).

Menurut Ismunawan, untuk memuluskan rencana ekskavasi, BPCB Trowulan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan, Dinas Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa Pataan, akan melakukan koordinasi pada Jumat, (28/6/2019).

“Kita masih terus berkoordinasi dengan BPCB Trowulan untuk rencana ekskavasi tahap tiga,” ucap Ismunawan.

Sementara itu, untuk anggaran ekskavasi tahap tiga nanti, akan disiapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan dan juga BPCB Trowulan.

Untuk diketahui, Situs yang berlokasi di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng ini, yang semakin meneguhkan sebagai salah satu situs bangunan suci peninggalan masa Airlangga telah dua kali dilakukan proses ekskavasi oleh BPCB Trowulan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan.

Diawali penemuan pada medio 2013, BPCB Trowulan kemudian melanjutkan ekskavasi kedua pada akhir 2018 kemarin. Pada ekskavasi tahap tiga, telah ditemukan luas bangunan yang diperkirakan memiliki panjang sekira 24 meter dengan lebar 16 meter.

Bangunan suci ini, berdasarkan data sementara menunjuk seperti bangunan vihara. Indikasinya, bangunan ini tidak simetris dan menghadap ke barat, serta ditemukan reruntuhan batu yang berbentuk bulat seperti susunan stupa.

Tak hanya itu, pada ekskavasi Situs Patakan tahap dua, BPCB Trowulan juga berhasil menemukan pagar barat yang bangunannya sudah mengombinasikan antara bagu kulit dengan batu putih atau batu kumbung yang memiliki panjang lebih kurang 40 sentimeter (cm). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES