Peristiwa - Daerah

Jelang Putusan MK RI, Polres Bangkalan Razia Kendaraan di Akses Suramadu

Jelang Putusan MK RI, Polres Bangkalan Razia Kendaraan di Akses Suramadu Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan memeriksa kendaraan pribadi yang melintas di akses Jembatan Suramadu. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 23:42

TIMESINDONESIA, BANGKALAN – Menjelang putusan Mahkamah Konstitusi RI (MK RI), Polres Bangkalan merazia kendaraan yang melintas di akses Jembatan Suramadu, Desa Sendang, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (26/6/2019) malam.

Razia dengan sasaran mobil pribadi dan kendaraan umum itu, untuk mengantipasi pengerahan massa ke gedung MK RI di Jakarta yang akan menggelar sidang pembacaan putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Kamis, 27 Juni 2019 besok.

Kapolres-Bangkalan-2.jpg

"Penyekatan ini untuk mencegah atau mengantisipasi adanya massa dari wilayah Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan yang akan berangkat mengikuti aksi di gedung MK," kata Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan kepada TIMES Indonesia.

Belajar dari pengalaman peristiwa 21-22 Mei 2019 kata Boby, ternyata aksi penyampaian pendapat yang dilakukan masyarakat disusupi oleh kelompok perusuh. Sehingga, mengakibatkan situasi keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjadi tidak kondusif. 

"Kami tidak ingin kejadian serupa terulang kembali. Makanya, kami melakukan sweeping agar situasi tetap aman dan kondusif," ucapnya.

Mantan Kasubdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jawa Timur ini menjelaskan, kegiatan razia tidak hanya di akses Jembatan Suramadu saja. Akan tetapi, juga dilakukan di wilayah perbatasan. Seperti, di Kecamatan Tanjung Bumi dan Kecamatan Blega. Termasuk, di Pelabuhan Kamal.

"Selama dua hari menggelar razia, kami tidak menemukan rombongan massa yang akan berangkat ke Jakarta. Namun demikian, kami tetap waspada," imbuhnya.

Boby menyampaikan, dalam razia kali ini, pihaknya mengerahkan 54 personel dengan bantuan 15 pasukan TNI.

Razia gabungan akan terus dilakukan Polres Bangkalan hingga benar-benar tidak ada massa yang berangkat untuk aksi di gedung MK RI dan situasi kemananan tetap terjaga serta terkendali. "Kegiatan razia, sweeping maupun penyekatan merupakan perintah Kapolri supaya kondisi kamtibmas di Indonesia selalu dalam keadaan aman," terang Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan. (*)

Jurnalis : Doni Heriyanto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Loading...
Registration