Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

Rakernas Kwartir Nasional Pramuka di Cibubur, Ini yang Dibahas

Rakernas Kwartir Nasional Pramuka di Cibubur, Ini yang Dibahas Rakernas Gerakan Pramuka. (FOTO: Humas Kwarnas/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 16:17

TIMESINDONESIA, JAKARTAKwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Rapat Kerja Nasional 2019, di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, 26-28 Juni 2019.

Rapat kerja dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Kak Imam Nahrawi itu diikuti 315 peserta utusan pusat dan kwartir daerah di seluruh Indonesia.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Kak Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menjelaskan tujuan rapat kerja ini untuk membahas program kerja setahun ke depan.

Kwartir-Nasional-Pramuka-2.jpg

“Ini jadi pedoman dasar untuk kita bekerja sehingga kegiatan pramuka memiliki arah,” ujar Kak Budi Waseso, yang terpilih sebagai ketua Kwarnas pada Munas Pramuka di Kendari, Sulawesi Tenggara akhir tahun lalu.

Kak Budi Waseso mengatakan akan ada program kegiatan per bidang berikut dukungannya. Diharapkan akan ada hasil yang nyata dari kegiatan yang dilakukan Kwartir Nasional dan Kwartir daerah di seluruh provinsi di Tanah Air.

Dalam Rakernas, peserta akan membahas isu-isu strategis dan rekomendasi kepada Kwartir Nasional. Selain itu juga disampaikan hasil Sidang Paripurna Nasional Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega tingkat Nasional dan Daerah seluruh Indonesia yang berlangsung 24-25 Juni 2019 di TRW Cibubur.  Dewan Kerja adalah wadah pembinaan bagi kaderisasi di Gerakan  Pramuka.

Selain dari Menteri Pemuda dan Olahraga, peserta akan mendapat masukan dari pejabat eselon Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pertahanan dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).  

Ada lima sidang kelompok di dalam Rakernas. Pertama, pembinaan anggota muda dan dewasa; kedua, satuan karya, satuan komunitas dan gugus darma; ketiga, kesekjenan, aset dan usaha, serta  organisasi dan hukum; keempat, rencana pengembangan, kerja sama dalam dan luar negeri; kelima, kehumasan dan pengabdian masyarakat.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar ucapakan selamat.

Menanggapi pelaksanaan Rapat Kerja Nasional, Ketua Harian Kwartir Cabang Gianyar I Gusti Ngurah Wijana mengungkapkan selamat atas pelaksanaan Rakernas dan berharap agar pelaksanaan dapat berjalan dengan sukses.

"Dengan diselenggarakannya Rakernas sudah tentu hasil Rapat Kerja Nasional nanti dapat menjadi acuan Kwartir Cabang Gianyar menyusun dan merumuskan kebijakan program di tingkat Kwartir Cabang" ungkapnya.

Gusti Ngurah Wijana juga berharap agar dalam Rakernas menghasilkan ide-ide yang kreatif yang dapat memacu kemajuan Gerakan Pramuka.

"Dengan Kengurusan baru, Rapat Kerjas Nasional Kwartir Nasional  tentu harus menjadi momentum untuk melahirkan terobosan dan perbaikan kearah yang lebih baik , itu semua demi majunya Gerakan Pramuka di Indonesia," ungkap Gusti Ngurah Wijana menyampaikan harapannya

Rakernas juga akan digelar penandatanganan kerja sama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kwarnas dengan Yayasan WWF Indonesia. Rakernas akan ditutup oleh Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso, Jumat, 28 Juni 2018 mendatang. (*)

Jurnalis : Komang Aryawan (CR-138)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration