Gaya Hidup

TV Menyala saat Tidur? Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan

TV Menyala saat Tidur? Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan ILUSTRASI - Tidur dengan TV Menyala. (FOTO: purewow.com)
Kamis, 27 Juni 2019 - 03:02

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktivitas menonton TV pada malam hari memang mengasyikkan sebagai pelepas lelah setelah beraktivitas seharian. Apalagi banyak program-program televisi yang memang layak disaksikan sampai larut malam. Namun tahukah Anda jika TV menyala saat tidur bisa berdampak buruk untuk kesehatan?

Berikut ini berbagai akibat tidur dengan kondisi TV menyala, dilandir dari Klik Dokter.

1. Cahaya dan suara TV mengganggu kualitas tidur

Sayangnya, aktivitas menonton TV justru bisa menganggu kualitas tidur Anda. Kini orang-orang juga cenderung meletakkan TV di kamar, sehingga banyak orang yang tidur, tapi TV menyala sampai pagi. Dengan kata lain, mereka tidur bukan karena ingin, tapi karena tertidur dengan ditemani cahaya dan suara TV.

2. Memicu kelebihan berat badan

Temuan awal dari penelitian ini menyebutkan bahwa wanita yang menggunakan lampu malam kecil berhasil mempertahankan berat badannya. Sedangkan, mereka yang tertidur dengan cahaya atau televisi yang menyala, punya 17 persen kemungkinan lebih besar memiliki kelebihan 5 kilogram dalam periode 5 tahun. Hasil studi tersebut baru-baru ini dipublikasikan di JAMA Internal Medicine.

Sebaiknya Anda tidur dengan kondisi ruangan gelap atau redup. Anda harus perhatikan, kuantitas tidur tidak bisa disamakan dengan kualitas tidur. Anda mungkin bisa memenuhi durasi tidur sebanyak 7-8 jam, tapi belum tentu kualitasnya baik. Mudahnya, orang yang memiliki kualitas tidur baik adalah yang bisa tidur dengan nyenyak.

Nah, mulai sekarang jangan biasakan TV menyala saat tidur. Biasakan selalu tidur dalam keadaan gelap atau redup, dan itu akan membantu Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration