Jum'at, 15 November 2019
Gaya Hidup

Sesak Napas saat Bangun Tidur? 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sesak Napas saat Bangun Tidur? 6 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya ILUSTRASI - Sesak Napas saat Bangun Tidur. (FOTO: medanbisnisdaily.com)
Kamis, 27 Juni 2019 - 07:22

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda tiba-tiba sesak napas saat bangun tidur? Tidur seharusnya menjadi waktu istirahat yang paling ditunggu-tunggu agar tubuh bisa kembali bugar. Jika Anda terengah-engah seperti habis olahraga saat bangun tidur, yuk kenali penyebabnya berikut.

1. Cemas berlebihan

Rasa cemas yang menumpuk dari hari-hari sebelumnya dapat menyebabkan serangan panik di malam hari tanpa pemicu yang jelas. Gelisah dan kecemasan di alam bawah sadar ini kemudian dapat membuat tidur tidak tenang. Akibatnya, Anda bisa bangun tidur merasa sesak napas yang hingga membuat terengah-engah.

2. Post nasal drip

Post nasal drip terjadi ketika lendir dan ludah yang diproduksi berlebihan jadi mengalir ke saluran belakang hidung dan tenggorokan. Kondisi ini bisa membuat tidur jadi tidak tenang karena jalur napas tersumbat lendir. Akibatnya munculah sensasi sesak napas saat bangun tidur.

3. Edema paru

Edema paru terjadi ketika cairan berlebih berkumpul di ruang udara dan jaringan paru-paru. Kondisi ini membuat pengidapnya mengalami sesak napas, termasuk saat bangun tidur. Edema paru biasanya berkembang perlahan seiring waktu, tapi bisa juga muncul tiba-tiba.

4. Sleep apnea obstruktif

Sleep apnea obstruktif adalah kondisi yang terjadi saat seseorang menghalami henti napas sejenak dan tak disengaja saat tidur. Kondisi ini disebabkan oleh adanya sumbatan di jalan napas yang menghentikan aliran udara.

5. Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) terjadi ketika kantong udara kecil (alveoli) di paru-paru rusak. Akibatnya, kantong udara tersebut kesulitan untuk mendorong udara keluar dari paru-paru. Gejala PPOK ini bisa muncul saat seseorang sedang tidur. Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya bangun dengan napas terengah-engah atau merasa seperti tercekik.

6. Gagal jantung

Gagal jantung terjadi saat jantung tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya akibat cairan ekstra yang menumpuk di dalam atau sekitar paru-paru. Hal ini membuat seseorang kesulitan bernapas dengan napas yang pendek-pendek.

Itulah enam kondisi tubuh yang bisa memicu sesak napas saat bangun tidur. Untuk mengetahui penyebab pastinya, periksakan ke dokter jika Anda selalu bangun tidur dengan napas yang terengah-engah. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Hello Sehat

Komentar

Registration