Peristiwa - Daerah

Hasil Evaluasi Operasi Ketupat Semeru 2019: Kantong Parkir Atasi Kemacetan

Hasil Evaluasi Operasi Ketupat Semeru 2019: Kantong Parkir Atasi Kemacetan Suasana Evaluasi Operasi Ketupat Semeru 2019 di Balai Kota Among Tani mendorong pembuatan kantong parkir. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 23:02

TIMESINDONESIA, BATU – Penataan sejumlah kantong parkir di kawasan rawan macet, mengemuka dalam evaluasi bersama pasca Operasi Ketupat Semeru 2019 di Balai Kota Among Tani, Rabu (26/6/2019).

Kantong parkir ini diperkirakan bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi, karena volume kendaraan secara tidak langsung terkurangi. Salah satu lokasi yang perlu ditambah kantong parkirnya adalah di kawasan Alun-Alun Kota Batu.

dewanti.jpg

Bahkan beberapa waktu lalu, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto Sik MSi mewacanakan sterilisasi Alun-Alun Kota Batu untuk kendaraan bermotor di musim libur, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman.

Selain ini, kondisi ini akan menguntungkan UKM dan seniman yang bisa mengekspresikan karyanya di jalanan. Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi mengamini rencana tersebut.

"Salah satunya adalah mendesaknya pengadaan kantong-kantong parkir di titik- titik padat lalu-lintas di Kota Batu. Perlu adanya rekayasa arus lintas agar pada masa mendatang arus lalu lintas akan menjadi lebih lancar," ujar Dra Hj Dewanti.

Selain itu, rapat juga merekomendasikan penertiban parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL). Karena kedua hal ini sangat mempengaruhi efek kepadatan arus lalu lintas yang terjadi khususnya pada saat musim liburan.

Evaluasi-Operasi-Ketupat-2.jpg

Data di Kepolisian, Kota Batu sempat mengalami kepadatan arus lalu-lintas, baik keluar maupun masuk ke dalam Kota. Muncul beberapa titik kepadatan arus yang memicu terjadinya lambatnya gerak perpindahan kendaraan dalam Kota.

Adapun titik-titik terjadinya keterlambatan arus lalu lintas antara lain ada di simpang empat Pendem, dan simpang tiga Dadaptulis.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Batu lr H. Punjul Santoso, Sekretaris Daerah Zadiem Effisiensi, Wakapolres Batu AKP Zein Mawardi, Kasatlantas Polres Batu AKP Dyana Suci Listyawati, Kepala Dinas Perhubungan Susetya Herawan, dan Plt Kepala Satpol PP Kota Batu M Adhim.

Dalam acara evaluasi bersama pasca Operasi Ketupat Semeru 2019 tersebut, mereka sepakat bahwa perlu penataan sejumlah kantong parkir di kawasan rawan macet. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration