Gaya Hidup

Bahaya Konsumsi Makanan Mentah saat Hamil

Kamis, 27 Juni 2019 - 05:47 | 196.46k
Ilustrasi Makanan Mentah. (foto: hellosehat.com)
Ilustrasi Makanan Mentah. (foto: hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asupan makanan saat hamil harus benar-benar diperhatikan. Salah satunya adalah menghindari konsumsi makanan mentah, terutama yang berasal dari darat. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Rumah Sakit Jakarta, dr Ardiansjah Dara SpOG mengungkapkan makanan mentah berisiko terpapar parast toxoplasma.

"Makanan mentah yang mungkin terpapar parasit Toxoplasma harus diperhatikan dan umumnya makanan di darat," ujarnya.

Toxoplasma gondii yang berasal dari kotoran kucing berisiko masuk ke tubuh manusia melalui makanan atau tumbuhan yang terkontaminasi.

Ibu hamil yang terinfenksi parasit ini bisa menularkan infeksi kepada janin melalui plasenta dan mengganggu perkembangan janinya. Pada beberapa kasus, infeksi Toxoplasma bisa menyebabkan kematian sebagian bayi yang terinfeksi.

"Makanan yang mentah itu ditakutkan ada parasit toxoplasma yang awalnya hidup di saluran cerna kucing. Dia keluar lewat kotoran kucing, di rumput, rumput dimakan sapi dan masuklah ke tubuh sapi," kata Dara.

Sayuran mentah, daging sapi yang tidak dimasak matang menjadi contoh makanan yang sebaiknya tidak perempuan hamil konsumsi.

Menurut dia, ketimbang makanan yang berasal dari darat, makanan laut atau seafood relatif lebih aman, semisal ikan salmon yang kaya protein, lalu sushi dan sashimi. Namun, sebaiknya Anda tetap menghindari berbagai jenis makanan mentah saat hamil. (*)

sumber: Antara

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES