Peristiwa - Daerah

Tepis Anggapan Sulit Dapatkan SIM, Satlantas Polres Batu Gelar Simkedes

Tepis Anggapan Sulit Dapatkan SIM, Satlantas Polres Batu Gelar Simkedes Ujian praktik berkendara dilaksanakan di Balai Desa Mojorejo Kota Batu. (ist/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 22:02

TIMESINDONESIA, BATU – Anggapan mengurus surat ijin mengemudi (SIM) sulit ditepis oleh Satlantas Polres Batu lewat program Simkedes yang dilaunching di Desa Mojorejo, hari Rabu (26/6/2019).

Lewat program ini, polisi menunjukkan bahwa pengurusan SIM itu mudah, bahkan secara khusus Satlantas Polres Batu memboyong lokasi ujian praktik ke desa.

Seperti di Desa Mojorejo, halaman Balai Desa disulap menjadi tempat uji praktik, hingga pemohon SIM yang tinggal di Desa Mojorejo tidak perlu jauh-jauh ujian praktik di Polres Batu.

"Program ini akan kita laksanakan di lima desa di Kota Batu, kita berikan layanan jemput bola kepada masyarakat, agar mereka lebih mudah mendapatkan SIM," ujar Kasat Lantas Polres Batu, AKP Dyana Suci Listyawati.

Lebih lanjut Dyana menjelaskan bahwa Simkedes merupakan kependekan dari SIM Masuk Desa, program ini dibuat Polres Batu untuk membantu warga pedesaan untuk mendapatkan SIM tanpa ke Polres Batu.

Tidak hanya mendekatkan layanan, Satlantas Polres Batu memberikan pelatihan khusus untuk warga yang akan mengurus SIM. Bahkan mereka menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk pemohon SIM.

"Bahkan untuk warga yang hari ini ikut pelatihan test drive dan lulus, maka mereka bisa mengurus SIM gratis dan mendapatkan helm gratis," ujar Kasat.

Dyana mengatakan bahwa ujian praktik ini adalah sesuatu yang mudah dan bergantung pada kondisi mental pemohon yang bersangkutan.

"Buktinya, dalam uji praktik di sini, banyak warga pemohon yang lolos uji praktik," kata Dyana. Tercatat lebih dari 100 pemohon yang kemarin mengajukan permohonan SIM. Mereka tak hanya berasal dari Desa Mojorejo, tetapi juga desa- desa lain di sekitarnya. Seperti, Desa Beji, Pandanrejo, Pendem, Junrejo, dan Torongrejo.

Pemohon SIM yang lulus dalam program Simkedes, tinggal melanjutkan ujian teori di Satlantas Polres Batu. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration