Peristiwa Daerah

Usai UAS, Mahasiswa Polbangtan Malang Langsung Terjun Tefa

Rabu, 26 Juni 2019 - 21:30 | 48.51k
Mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan Malang melakukan praktik lapang bagian dari pembelajaran Tefa. (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan Malang melakukan praktik lapang bagian dari pembelajaran Tefa. (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Teaching Factory (Tefa) merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di Polbangtan Malang. Segera setelah menyelesaikan ujian akhir semester genap mahasiswa Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (Prodi PPB) melanjutkan aktivitas budidaya di lapangan.

Kegiatan lapangan dimulai sejak pagi, pukul 5.30 hingga pkl 10.00 WIB dengan dipandu oleh jajaran tenaga teknis calon PLP.  Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari.

Mahasiswa-Polbangtan-Malang-2.jpg

Kepala Prodi PPB Polbangtan Malang, Ugik Romadi, SST, MSi mengatakan bahwa TEFA yang dilaksanakan di lahan praktek kampus Polbangtan ini  bekerja sama dgn PT. BISI Tbk untuk memproduksi benih kacang panjang. Sedangkan untuk produksi sayuran organik, Prodi PPB bekerja sama dengan CV. Natural Organik Indonesia.

"Mereka (mahasiswa) harus berlatih dan melaksanakan sendiri seluruh proses produksi sehingga diharapkan benar-benar dapat menjiwai bidang yang ditekuninya," ujar Ugik, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya, penumbuhan jiwa wirausaha harus terus dipupuk seiring dengan aktivitas mereka menjalankan usaha. Oleh karena itu prodi memdampingi aktivitas mereka dalam penerapan SOP yang telah ditetapkan oleh mitra dunia usaha.

Mahasiswa Prodi PPB Polbangtan Malang sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan Tefa ini. "Kami dapat langsung mempraktekkan dan bahkan dapat menuai hasil dari beberapa kali panen," ujar Aji, salah seorang mahasiswa semester 4 yang intens menekuni budidaya tanaman organik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES