Peristiwa - Daerah

Kerajaan Negeri Selangor Apresiasi Sistem Penanganan Banjir Perkotaan Kampung 3G

Kerajaan Negeri Selangor Apresiasi Sistem Penanganan Banjir Perkotaan Kampung 3G Pengerusi Jawatan Kuasa Tetap Kesihatan, Kebajikan, Pemberdayaan Wanita dan Keluarga, Siti Mariah Binti Mahmud, mengunjungi rumah prestasi 3G di Kampung 3G Kota Malang.(foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 21:02

TIMESINDONESIA, MALANG – Kampung tematik Glintung Go Green atau Kampung 3G Kota Malang kembali menginpirasi dunia internasional. Kali ini, sistem penanganan banjir yang diterapkan oleh Kampung 3G mendapatkan apresiasi dari Ahli Majlis Mesyuarat Kerajaan Negeri Selangor Malaysia.

Pengerusi Jawatan Kuasa Tetap Kesihatan, Kebajikan, Pemberdayaan Wanita dan Keluarga, Siti Mariah Binti Mahmud, menilai bahwa pihaknya mendapatkan ilmu baru usai melakukan kunjungan kerja di Kampung 3G Kota Malang.

Glintung-Go-Green-2.jpg

Menurutnya, konsep yang diterapkan oleh Bambang Irianto ini, sangat bagus untuk mengatasi permasalahan banjir. "Sebenarnya permasalahan kami sama, banjir. Konsep ini bagus untuk dipelajari dan membentuk sistem masyarakat yang kuat," katanya, Rabu (26/6/2019), di Rumah Prestasi 3G, Kota Malang, Jawa Timur.

Siti mengatakan inisiator Kampung 3G Bambang Irianto berhasil menggerakkan masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan tanpa modal sedikit pun. Selama 6 tahun, kinerja beliau bersama masyarakat kampung Glintung sangat patut diapresiasi hingga akhirnya berhasil menginspirasi daerah lain. 

"Ini solusi untuk masalah lingkungan dan cuaca yang tidak menentu sekarang. Pembangunan sejak 2013 hingga 6 tahun ini, telah membuat kampung ini berjaya dan menjadi contoh masyarakat dunia dalam penangangan banjir," terangnya.

Siti mengatakan pihaknya akan melaporkan kunjungan ini Kerajaan Selangor Malaysia. Pihaknya juga mengaku siap bekerjasama secara terbuka dengan Kampung 3 Kota Malang untuk menangani masalah banjir dengan penghijauan pemukiman.

Glintung-Go-Green-3.jpg

Sementara itu, Ketua Srikandi Kampung 3G Kota Malang, Erni Handayani menyampaikan kebanggaannya bisa dikunjungi oleh perwakilan dari negara Malaysia.

Menurutnya, kehadiran tamu dari berbagai penjuru dunia ini menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat Kampung 3G Kota Malang untuk terus mengembangkan diri dan mengabdi untuk lingkungan. "Tamu kami tadi sangat antusias belajar dari kampung kami. Ini sangat membanggakan," katanya.

Sepertinya yang diketahui, Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G), Malang yang berhasil menembus top 15 dari 301 kota di dunia, dalam Guangzhou Award For Urban Innovation tahun 2017. Bahkan, inisiator Kampung 3G Kota Malang Bambang Irianto juga telah meraih penghargaan Kalpataru oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration