Peristiwa - Daerah

Ini Dua Kriteria Cabup Malang Ideal Versi JSI

Ini Dua Kriteria Cabup Malang Ideal Versi JSI Presiden JSI Abdul Qodir. (foto: Doc TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 20:14

TIMESINDONESIA, MALANG – Jaringan Satu Indonesia (JSI) menilai Calon Bupati Kabupaten Malang (Cabup Malang) harus memenuhi dua kriteria untuk bersaing pada Pilkada Kabupaten Malang 2020.

Yakni memiliki moral kepemimpinan yang betul-betul mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Serta berjiwa paripurna, tidak auto pilot dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Kalau bagi JSI, bukan hanya paket paslon cabup-cawabup Malang. Melainkan ada pada kompetensi yang bersangkutan," ujar Presiden Jaringan Satu Indonesia (JSI) Abdul Qodir kepada TIMES Indonesia, Rabu (26/6/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, meski Bupati merupakan jabatan politik, tapi tidak ideal ketika dijabat oleh sosok karakter politisi minded saat mengambil keputusan.

"Contohnya baru saja terjadi. Meski berstatus Plt, mengeluarkan kebijakan yang membentur aturan," kata Adeng sapaan akrabnya.

Menurutnya, masyarakat sudah lelah dengan sengketa politik. Termasuk membenturkan masyarakat dengan elit politik. Sehingga menyebabkan roda pemerintahan terganggu. "Maka dari itu, calon bupati nanti harus menggunakan cara elit, ketika dirasa ada yang tidak beres pada pemerintahannya," tuturnya.

Masih kata Adeng, calon bupati Malang mendatang, harus memiliki cara elit yang disebutkannya seperti di atas dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan. "Tentunya masyarakat juga akan memilih Cabup yang memiliki kualitas dan piawai dalam menyelesaikan masalah," tuturnya.

Selanjutnya kata Adeng, JSI hanya mendukung Cabup Malang yang betul-betul memiliki integritas dan berkompetensi atau layak menjabat sebagai Bupati Malang.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration