Peristiwa - Daerah

Jadwal Seleksi Tulis Pilkades Serentak di Banyuwangi Benturan dengan Ibadah Haji

Jadwal Seleksi Tulis Pilkades Serentak di Banyuwangi Benturan dengan Ibadah Haji Pilkades Serentak,
Rabu, 26 Juni 2019 - 17:53

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi, Jawa Timur, menanggapi tentang jadwal tes tulis dalam pilkades serentak 2019 di yang bersamaan waktunya dengan ibadah haji.

KH Muhammad Yamin, ketua MUI Banyuwangi menyampaikan, pihak panitia bisa mengkomunikasikan hal ini ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Supaya bisa diinventarisir berapa jumlah bakal calon kepala desa yang menunaikan  ibadah haji. 

"Dikomunikasikan dulu aja, insyaAllah kita sama-sama muslim bisa saling memahami," ucapnya saat dihubungi TIMES Indonesia, Rabu (26/6/2019).

Kiai Yamin juga menyampaikan, komunikasi tersebut bertujuan agar tidak ada pihak yang dirugikan. Terlebih saat ini berangkat haji antrenya juga lama bahkan hingga puluhan tahun.

"Ya semoga setelah dikomunikasikan, bakal calon kepala desa yang saat tes tulis sedang melaksanakan ibadah haji, bisa mengikuti seleksi tes tulis susulan," harapnya.

Untuk diketahui sesuai dengan SK Bupati Kabupaten Banyuwangi Nomor 188/32/KEP/429.011/2019 Pilkades serentak akan digelar pada 9 Oktober 2019 mendatang.

Dalam jadwal pelaksanaan tahapan pilkades serentak, bakal calon Kepala Desa yang di desanya terdapat lebih dari 5 orang pendaftar akan melaksanakan tes tulis atau seleksi tulis yang diselenggarakan oleh Pemkab Banyuwangi pada 29 Agustus 2019. Padahal, bakal calon kepala desa yang tahun ini yang sedang menunaikan ibadah haji di tanggal tersebut masih berada di tanah suci. Sehingga tidak bisa mengikuti seleksi tulis tersebut. (*)

Jurnalis : Erwin Wahyudi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Loading...
Registration