Peristiwa - Daerah

Lamongan Kampanyekan Pemanfaatan Toga

Lamongan Kampanyekan Pemanfaatan Toga Berbagai bahan toga dipamerkan di puncak Festival Asuhan Mandiri (Asman), Pemanfaatan Toga dan Akupresur di Pendapa Lokatantra, Lamongan, Rabu (26/6/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Rabu, 26 Juni 2019 - 17:46

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengkampanyekan sekaligus mengajak masyarakat diajak untuk lebih lebih peduli dengan kesehatan dengan menggunakan tanaman obat keluarga (toga).

“Ayo dicoba dulu dengan minum ramuan tradisional,” ucap Bupati Lamongan Fadeli, di puncak Festival Asuhan Mandiri (Asman), Pemanfaatan Toga dan Akupresur di Pendapa Lokatantra, Lamongan, Rabu (26/6/2019).

Ia lantas mengajak masyarakat untuk menanami pekarangan dengan tanaman yang memiliki manfaat lebih, seperti toga. “Tim dari Puskesmas sudah siap memberikan pelatihan pemanfaatan toga ini,” katanya.

Menurut Fadeli, beralih pada pengobatan tradisional melalui pemanfaatan toga dan akupresur, merupakan upaya preventif, sehingga masyarakat tidak terburu-buru menggunakan obat-obatan kimia.

“Jangan dibiasakan, sedikit-sedikit minum obat. Badan capek, lelah, lalu minum obat,” tutur Fadeli.

Ajakan senada juga disampaikan Ina Rosalina Dadan, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes. Ia mengajak masyarakat membiasakan diri minum ramuan tradisional agar terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan.

“Setiap keluarga bisa menanam obat sesuai keluhan kesehatan yang biasa diderita anggota keluarga. Ini sangat bagus sebagai tindakan pencegahan,” tutur Ina.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Taufik Hidayat mengungkapkan telah menempatkan satu orang penyehat tradisional (Hattra) pada masing-masing Puskesmas di seluruh wilayah Lamongan.

“Ini sebagai upaya pengembangan pelayanan kesehatan tradisional melalui Asman dengan pemanfaatan Toga dan Akupresur,” ujarnya usai Festival Asman, Pemanfaatan Toga dan Akupresur di Pendapa Lokatantra, Lamongan. (*)

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Loading...
Registration