Peristiwa Nasional

Ini Upaya Pentingnya Bersama Berantas Narkoba Menurut Wapres JK

Rabu, 26 Juni 2019 - 15:25 | 47.35k
Wapres Jusuf Kala menghadiri Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019. FOTO: Istimewa)
Wapres Jusuf Kala menghadiri Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019. FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menyatakan, pentingnya upaya bersama dalam melawan narkoba bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Menurut JK, tugas pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkota bukan hanya menjadi tanggungjawab BNN saja. Tapi, seluruh lapisan masyarakat harus mendukung upaya tersebut.

"Harus ada upaya bersama. Tanpa upaya bersama tidak mungkin bisa mengatasinya. BNN tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan masyarakat dan dukungan kita semuanya," kata JK saat membuka acara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Sebab lanjut JK narkoba merupakan kejahatan luar biasa karena menghilangkan nyawa manusia dalam jumlah banyak. Di sisi lain, peredaraan barang haram itu memengaruhi kehidupan masyarakat, mulai dari masalah kesehatan, hukum hingga perekonomian.

Dijelaskan JK, masyarakat yang mengkonsumsi narkoba memiliki kondisi fisik yang tidak sehat. Hal itu berpengaruh pada kualitas sumber daya manusia di masa mendatang.

"Peredaran narkoba selalu dimulai dari remaja. Jika remaja menjadi pecandu, akan mempunyai pasar jangka panjang. Sama dengan rokok, dimulai dari remaja. Dari situ lalu melahirkan pasar jangka panjang," papar JK.

JK mengungkapkan, narapidana narkoba saat ini mengisi hampir 50 persen Lembaga Pemasyarakat (Lapas) di Indonesia. Kondisi ini sungguh memprihatinkan dan harus diatasi bersama.

"Nusakambangan diisi antara lain gembong narkoba hingga teroris. Informasi dari Pak Menkum HAM mengatakan, 50% Lapas diisi pecandu atau pengedar narkoba. Di dalam penjara mereka dapat memperdagangkan barang haram ini," tutur JK.

Dia mengapresiasi BNN yang serius memerangi atau melawan narkoba. Upaya serius BNN itu harus didukung dan dibantu oleh seluruh masyarakat. "Terima kasih ke BNN yang kerja keras. BNN tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari kita semua," tandas Wapres JK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES