Olahraga

[Video Second Religion] Inilah Sejarah Konflik Suporter Sepak Bola Indonesia

Subscribe TIMES Indonesia KLIK >>>
Rabu, 26 Juni 2019 - 14:05

TIMESINDONESIA, JAKARTASepak bola Indonesia memiliki empat kelompok supporter yang memiliki fanatisme tinggi. Mereka adalah The Jakmania yang mendukung Persija Jakarta, Viking yang mendukung Persib Bandung, Aremania pendukung fanatik Arema FC serta dan Bonek sebagai pendukung Persebaya Surabaya. Kini telah hadir film Second Religion yang mengupas sejarah konflik supporter sepak bola di Indonesia.

Bagi empat kelompok suporter ini sepak bola menjadi "Agama Kedua". Sehingga dalam perjalanan mendukung timnya bertanding mereka sering terlibat konflik permusuhan. 

Awalnya, Aremania terlibat permusuhan sengit dengan Bonek. The Jakmania bermusuhan dengan Viking. Namun berjalannya waktu Aremania berkubu dengan The Jakmania terlibat rivalitas dengan Viking dan Bonek. 

Satu sisi konflik permusuhan ini mengakibatkan dampak negatif dengan jatuhnya sejumlah korban meninggal. Namun disisi lain permusuhan ini "dipelihara" sebagai magnet untuk mendatangkan suporter di Stadion ketika timnya bertanding. 

Film dokumenter ini mengupas sejarah konflik/permusuhan empat kelompok suporter besar sepak bola indonesia (Persija, Persib, Arema, Persebaya) dari kaca mata Jurnalis.

Film Second Religion yang mengupas sejarah konflik supporter Sepak bola di Indonesia ini diproduksi pada tahun 2015 dan sudah diputar pada acara "Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasific" di Palembang-Sumatra Selatan Tahun 2015. (*)

Jurnalis : Ovan Setiawan
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration